Ketua Bawaslu Sulbar Beberkan Alasan Tak Hadir di Launching Pilkada 2024

Harly

MAMUJU – Ketua Bawaslu Sulbar, Nasrul, menjelaskan alasan pihaknya tak hadir di kegiatan Launching Pilkada 2024 yang diselenggarakan KPU beberapa waktu lalu.

Nasrul mengaku tak mendapat undangan ihwal kegiatan tersebut.

“Kami tadi sudah bahas bersama Forkopimda di kantor DPRD saat rapat persiapan pilkada. Lalu ada pembahasan terkait masalah itu disisipkan sedikit, sudah clear masalahnya,” ungkapnya, Selasa, 11 Juni 2024.

Nasrul menjelaskan, lima komisioner Bawaslu Sulbar tak satu pun yang menerima undangan kegiatan Launching Pilkada 2024 via grup WhatsApp.

“Padahal kan biasanya undangan dimasukkan di grup WA,” imbuhnya.

Ketua Bawaslu menegaskan bahwa tidak ada masalah antara pihaknya dengan KPU Sulbar.

Bahkan, dirinya menceritakan, saat Apel Siaga Pengawasan Kampanye yang diselenggarakan Bawaslu Sulbar pada Desember 2023 lalu, dari pihak KPU juga tak satu pun komisioner yang hadir.

Padahal, kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih seribu peserta dari pengawas pemilu se-Sulbar di Lapangan Ahmad Kirang Mamuju.

“Tapi saat itu, kami maklumi kondisi KPU tidak hadir, dan saat itu tidak ada kehebohan,” ujar Nasrul.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim menjelaskan bahwa polemik tersebut sudah selesai.

Menurut dia, hal itu hanya kesalahan komunikasi di tingkat sekretariat, mengingat masalah undangan bukan urusan komisioner.

“Jadi sudah tidak ada masalah, ini hanya persoalan surat undangan di mana itu ada miskomunikasi antarsekretariat,” jelas Rahim.

Dia berharap ke depannya koordinasi antarlembaga bisa lebih maksimal dan harmonis, serta mengoptimalkan komunikasi lewat media sosial.

Terkait komentar Pj Gubernur Sulbar di acara tersebut, Rahim menilai itu hanya bentuk spontanitas.

“Itu mungkin bentuk spontanitas pa Pj Gubernur karena beliau baru tahu Bawaslu tidak ada di acara beberapa detik sebelum beliau memberikan sambutan, tanpa sempat meminta staf beliau konfirmasi ke Bawaslu,” cerita Abdul Rahim.

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer