Warga kecamatan Salahutu rasakan lima gempa tektonik susulan

Ambon (ANTARA) – Sejumlah warga pada beberapa desa di Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku pada tengah malam ini sudah merasakan lima kali diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo yang bervariasi.

“Gempa beruntun ini dimulai pukul 17:10:42 WIB atau pukul 19:10:42 WIT pada kedalaman 10 Km dan hanya dalam hitungan menit terjadi gempa-gempa susulan,” kata salah satu warga Desa Waai, Stefi Tapilaha yang dihubungi dari Ambon, Selasa malam.

Hanya berselang delapan menit pascagempa 5,1 terjadi lagi gempa serupa bermagnitudo 3,3 pada kedalaman 10 Km dan dirasakan warga Kota Ambon III MMI.

Kemudian pada pukul 17:33:14 WIB terjadi gempa susulan dengan magnitudo 2,7 dan dirasakan warga Desa Liang, Waai, Tulehu, dan sekitarnya di Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah sebesar III MMI.

Data BMKG menyebutkan gempa bumi tektonik susulan yang keempat dengan magnitudo 26 dan yang terakhir magnitudo 3,5 dimana guncangannya tersasa sampai di Kota Ambon sebesar III MMI.

“Ketika terjadi gempa 5,1 saya sementara melintas di jalan raya Desa Tulehu dan mendengar ada bunyi gemuruh seperti bangunan yang diduga roboh dekat pombensin,” ujarnya.

Dikatakan, kondisi serupa juga terjadi di Desa Waai dimana terdapat sejumlah rumah warga yang mengalami keretakan pada bagian dinding rumah maupun tempa ibadah.

Pascagempa utama magnitudo 6,5 pada 26 September 2019 dan diikuti lebih dari 2.027 kali gempa susulan, warga di pesisir Desa Liang hingga Suli dan Wayari masih tetap bertahan di tenda-tenda pengungsian pada tempat yang lebih tinggi.
 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )