Transaksi emas pedagang pinggir jalan sepi

Ambon (ANTARA) – Kegiatan transaksi emas di pedagang pinggir jalan pertokoan Ambon Plaza maupun di depan Kantor Pegadaian Kota Ambon, Maluku, sepi.

“Masih sepi, kondisi seperti ini sudah sejak bulan lalu, saat harga emas di pasaran mulai bergerak naik, malahan di toko emas di Kota Ambon sekarang ini Rp710.000/gram,” kata Rusli, pedagang emas di depan Toko Ciwangi, pertokoan Ambon Plaza, Maluku, Kamis.

“Memang ada juga yang berhasil kami beli dan jual tapi hanya dua hingga empat gram, itu pun hanya satu orang warga yang datang hari ini untuk membeli cincin dua buah masing-masing dua gram dengan harga Rp600.000/gram,” ujarnya.

Jadi sudah satu minggu ini baru saya dapat rejeki, yah mungkin si anak mudfah tadi mau melangsungkan pernikahannya sampai dia membeli dua buah cincin, kata Rusli.

Ia mengatakan, sekarang ini agak sulit untuk masyarakat membeli emas, kalau menjual mungkin saja tetapi membeli sudah jarang sebab harga emas mahal. Pedagang seperti dirinya kalau saya membeli dari masyarakat pun dengan harga tergantung barang yang akan dibeli.

“Kalau masih utuh dipatok harga Rp550.000/gram kalau rusak (patah) harganya turun berkisar antara Rp525.000 hingga Rp530.000/gram, hal ini disebabkan setelah beli kita akan perbaiki lagi kemudian di cuci baru di pajang lagi bagi masyarakat yang mau membeli dengan harga yang di patok Rp600.000/gram,” ujarnya.

Rudi, pelayan toko emas Imel, yang lokasinya berseberangan jalan dengan Matahari Ambon Plaza, mengatakan harga emas perhiasan yang dipatok Rp710.000/gram.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (1 )