Polisi ingatkan warga pulau Ambon waspadai kebakaran rumah

Ambon (ANTARA) – Aparat kepolisian mengingatkan warga Pulau Ambon untuk selalu mewaspadai terhadap bencana kebakaran rumah yang terjadi akibat tidak memperhatikan nyala api kompor di dapur usai melakukan aktivitas memasak.

“Tiga hari berturut-turut terjadi musibah kebakaran rumah milik warga akibat kecerobohannya tidak memperhatikan kompor yang masih menyala ketika selesai memasak dan akibatnya sangat fatal,” kata Kasubag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, Ipda Julkisno Kaisupy di Ambon, Rabu.

Setelah musibah kebakaran rumah pada Minggu, (29/9) di Jalan Kebun Cengkeh samping Apotik Savira RT 003 RW 009 dan peristiwa serupa kembali terjadi keesokan harinya di Dusun Oihu (Desa Batumerah).

Kemudian pada Selasa, (1/10) sekitar pukul 00:30 WIT bertempat di daerah Gunung Nona Wara RT 008/01 Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe juga telah terjadi peristiwa kebakaran dapur dan rumah milik Charles Nikijulu (38).

Menurut Keterangan korban bahwa sekitar pukul 19:00 WIT mertuanya Mesak Palijama (74) sedang memasak air dengan menggunakan tungku kayu pada dapur.

Setelah airnya sudah matang, mertua korban langsung mengangkat air tersebut dari tungku kayu dan mematiakan api namun tungku kayu yang dimatikan tidak benar-benar padam semuanya sehingga menimbulkan kebakaran.

Sekitar pukul 00:40 WIT mertua korban kaget dari tidurnya dikarenakan mendengar suara dari arah dapur, setelah bangun mertua korban dikagetkan dengan api yang sudah membesar dari dalam dapur.

Dengan spontan mertua korban langsung membangunkan korban bersama istrinya untuk memadamkan api tersebut dari dalam dapur dan dibantu beberapa warga sekitar.

Karena melihat api sudah membesar istri korban langsung menghubungi pihak Pemadam Kebakaran untuk datang membantu melakukan pemadaman api.

Sekitar pukul 01:45 Wit tiga unit Damkar mendatangi tempat kejadian perkara.

Personil Polsek Nusaniwe juga hadir untuk membantu memadamkan sisa-sisa kobaran api yang sudah dipadamkan korban serta warga sekitar, dan pukul 02:00 Wit api berhasil dipadamkan.

“Syukurlah tiga peristiwa kebakaran beruntun ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun masyarakat diimbau untuk lebih berhati- hati,” kata Julkisno.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )