Gubernur Malut tandatangan SK penetapan pimpinan DPRD Kota Ternate

admin

Ternate (ANTARA) – Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba menandatangani SK penetapan pimpinan DPRD Kota Ternate, menyusul keluarnya rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tiga partai politik untuk ditetapkan menjadi Ketua DPRD Kota Ternate.

“Usulan itu telah diserahkan kepada Walikota Ternate Burhan Abdurahman untuk diteruskan ke Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, agar segera dibuat SK penetapan dan tiga nama yang ditetapkan Ketua DPRD yakni, Muhajirin Bailussy sebagai Ketua DPRD Kota Ternate dari Partai PKB, Henny Sutan Muda sebagai Wakil Ketua I DPRD dari Partai Demokrat, Djadid Ali sebagai Wakil Ketua II dari Partai Golkar,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Ternate, Safia M Nur di Ternate, Rabu.

Hal ini, berdasarkan surat keputusan DPP Partai Kebangkitan Bangsa nomor 344/DPC-03/V/A.1/IX//2019, tanggal 21 September telah mengusulkan Muhajirin Bailussy, sebagai pimpinan/wakil Ketua DPRD Kota Ternate.

Sedangkan surat DPC Partai Demokrat Kota Ternate Nomor :16/DPC PD/KT/IX/2019 pada 19 September 2019 mengusulkan, Henny Sutan Muda sebagai pimpinan dan wakil pimpinan DPRD, dan satu unsur pimpinan lainnya berdasarkan surat pengusulan yang diusulkan pada tanggal 29 september DPD partai Golkar Kota Ternate dengan Nomor 018/DPD -Golkar/KT/IX/2019 mengusulkan Djadid Ali, sebagai pimpinan dan wakil pimpinan DPRD Kota Ternate.

Dia mengatakan, rekomendasi tersebut telah diserahkan ke Walikota untuk ditindak lanjuti ke Gubernur. Agar bisa dibuat SK penetapan Ketua dan Wakil DPRD Kota Ternate.

“Harus melalui mekanisme, karena harus mendahului Walikota baru bisa diserahkan kepada Pak Gubernur,” Kata Sekwan.

Dia meminta Walikota secepatnya serahkan kepada Gubernur Malut, agar bisa ditetapkan secepatnya juga. Sebab, dibulan ini sudah harus dibahas RAPBD tahun 2020.

“Lebih baik secepatnya ditetapkan, karena ada pembahasan Dewan terkait dengan RAPBD. Supaya pembahasannya bisa tepat waktu, sebab, di bulan ini sudah harus dibahas,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua I Sementara, Henny Sutan Muda, berharap, Walikota Ternate secepatnya serahkan rekomendasi tersebut ke Gubernur Malut, untuk ditetapkan sebagai ketua definitif.

“Begitu juga dengan Pak Gubernur, kalau boleh dipercepat penetapannya sebagai ketua definitif, karena masih banyak agenda yang harus dibahas oleh DPRD, terutama pembahasa APBD 2020,” katanya.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer