Belasan Rumah Warga Desa Batuparigi Mamuju Tengah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Rio Candra

Mamuju Tengah, BERANDARAKYAT.com – Cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Desa Batu Parigi Kecamatan Tobadak Kabupaten Mamuju Tengah kemarin (21/11) sore memporak-porandakan belasan rumah warga setempat. Hujan deras disertai angin kencang yang menimbulkan pusaran angin (puting beliung) cukup besar terjadi tepatnya di Dusun Tapakanai.

Saat dikonfirmasi oleh awak media berandarakyat.com pagi tadi melalui sambungan telepon, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah, Rahmat Syam membenarkan kejadian tersebut.

“Iya betul, kemarin sore kejadiannya (bencana angin puting beliung). Tim kami langsung turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari masyarakat. Ada 18 rumah yang terdampak,” terang Rahmat.

Menurut data dari Assesment TRC BPBD Mamuju Tengah, kejadian yang merusak 18 tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WITA. Adapun nama kepala keluarga dari pemilik rumah yang menjadi korban keganasan puting beliung tersebut diantaranya Haris, Ahmad, Firman, H harmoko, Samsir, Hj maryam, H sutra, Rudianto, Tahir, H kamarudin, Irwan, Narmo, Wono, Nurli, Andi hamsi, Baharudin dan Mama daus.

Sementara itu, anggota Tagana Dinsos Mamuju Tengah, Fahri yang dikonfirmasi lewat pesan whatsapp juga menyampaikan bahwa saat ini telah dilakukan evakuasi untuk membersihkan wilayah yang sementara berserakan.

“Saat ini tim Tagana sudah menuju lokasi kejadian dengan membawa 11 personil yg di komandoi langsung oleh Kabid Linjamsos dan membawa terpal,” balas Fahri dalam pesan whatsapp.

Tak menunggu lama, pagi tadi setelah melaksanakan senam rutin hari Jum’at, Bupati Mamuju Tengah, Aras Tammauni langsung turun meninjau ke lokasi kejadian. Ditempat tersebut, Aras Tammauni juga memberikan bantuan tunai sebesar Rp. 150 juta kepada warga yang rumahnya terdampak puting beliung. Bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati kepada anggota Babinsa Batu Parigi.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti berapa jumlah kerugian yang disebabkan oleh bencana angin puting beliung tersebut.

(Tukiman)

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer