Selandia Baru menangi medali perunggu Piala Dunia Rugby

Jakarta (ANTARA) – Selandia Baru memenangi medali perunggu Piala Dunia Rugby setelah mengalahkan Wales dengan skor 40-17, dalam pertandingan yang berlangsung menghibur pada Jumat.

Pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Tokyo tersebut, All Blacks mencatatkan enam try, berbanding dua try yang diukir Wales, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Pertandingan itu sekaligus menjadi pertandingan terakhir bagi pelatih di kedua tim, yakni Steve Hansen di kubu Selandia Baru dan Warren Gatland di tim Wales.

Baca juga: Afsel singkirkan Jepang, Wales menang tipis atas Prancis

“Penting bahwa kami mampu bangkit dan menghormati seragam dan penggemar kami, dan mengatasi kekecewaan pekan lalu,” kata Hansen seperti dikutip AFP, mengacu pada kekalahan dari Inggris di semifinal.

“Pertandingan berat untuk kedua tim dan (saya) ingin mengucapkan selamat kepada Wales, karena saya tahu mereka akan merasa sedikit kecewa,” tambahnya.

Try pertama tercipta saat laga baru berlangsung lima menit. Aaron Smith mengirimkan bola kepada Kieran Read, yang meneruskannya kepada Brodie Retallick. Ia melewati hadangan Rhys Patchell dan mengirimkan operan kepada Joe Moody, yang diteruskan pemain prop itu dengan berlari sejauh 20 meter untuk mencetak try.

Richie Mo’unga sukses mencetak konversi dan menambahi konversi kedua, ketika mereka mendapat try dari Beauden Barrett.

Kegigihan Wales berbuah hasil pada menit ke-19, setelah Patchell mengoperkan bola kepada Hallam Amos. Pemain full back itu kemudian mengecoh Mou’unga dan mengukir try.

Baca juga: Inggris rebut tiket final setelah tundukkan Selandia Baru

Patchell menambahi konversi, dan memaksimalkan penalti yang mereka dapatkan. Namun, Selandia Baru bangkit melalui try pemain winger veteran Ben Smith, yang membuka jalan melalui sekumpulan pemain bertahan lawan setelah kombinasi apik dari Read dan Liam Coltman.

Smith mengemas try keduanya menjelang turun minum. Menerima operan panjang dari Aaron Smith, ia sukses mengatasi upaya Tomos Williams untuk menghentikannya, dan membawa bola ke sudut lapangan.

Baca juga: Afsel buka jalan ke final setelah tundukkan Wales

Mo’unga menambahi konversi untuk membawa Selandia Baru memimpin 28-10 pada akhir babak pertama.

Pertandingan seru berlanjut pada babak kedua. Ben Smith menembus pertahanan Wales sebelum Ben Williams mengirimkan bola kepada mitranya di posisi center, Ryan Crotty, untuk mencetak try.

Josh Adams mencetak satu try untuk Wales pada menit ke-59 untuk memperkecil ketertinggalan timnya. Namun Mo’unga membukukan try terakhir di pertandingan ini, dengan memanfaatkan kegagalan Dan Biggar melakukan tekel sempurna kepada dirinya. 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )