Rinov/Pitha melangkah ke babak 16 besar BAC 2024

admin

Jakarta (ANTARA) – Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melanjutkan langkah mereka ke babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China.

Kepastian itu Rinov/Pitha dapatkan setelah menang atas pasangan Jepang Hiroki Midorikawa/Natsu Saito melalui rubber game 21-13, 14-21, 21-18 di partai pertama yang bergulir pada Rabu.

“Bersyukur bisa menang. Stamina saya memang belum pulih setelah pekan lalu baru pulang dari Eropa. Dalam pertandingan tadi saya memang memaksakan diri untuk bisa menang. Dengan kondisi shuttlecock yang lumayan berat, saya berusaha terus saja,” kata Rinov, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Lebih lanjut, juara Spain Masters 2024 tersebut mengakui bahwa jalannya pertandingan berlangsung cukup alot. Pitha mengatakan, mereka bahkan sempat kehilangan fokus di gim kedua.

“Tadi di gim kedua kami sempat kehilangan fokus. Namun, di gim ketiga kami bisa kembali bermain seperti di gim pertama untuk memenangkan pertandingan,” ujar Pitha.

Baca juga: Gugur di babak pertama BAC, Bagas/Fikri tak lolos ke Paris
 

Adapun kemenangan ini sekaligus memperpanjang keunggulan Rinov/Pitha atas Midorikawa/Saito menjadi 5-0 dalam lima pertemuan mereka.

Pasangan peringkat 15 dunia itu berpeluang untuk lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris jika mampu memenuhi beberapa kemungkinan berikut ini.

Pertama, adalah jika Rinov/Pitha bisa mencapai babak final pada kejuaraan ini, atau jika mereka mencapai babak semifinal dan Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (Singapura) tidak memenangkan turnamen ini.

Rinov/Pitha juga masih berpeluang lolos ke Paris jika mereka mencapai partai perempat final dengan catatan Hee/Tan tidak masuk final dan/atau Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati tidak memenangkan kejuaraan.

“Harapan agar bisa lolos ke Olimpiade tentu ada. Cuma untuk saat ini kami fokus ke pertandingan yang saat ini kami hadapi. Kami fokus ketemu siapa sekarang dan pertandingan apa sekarang dulu. Tidak mau berpikir terlalu jauh,” kata Pitha.

“Saya memang ingin terus menjaga harapan dan peluang untuk lolos ke Olimpiade. Saya juga ingin menjaga momentum keberhasilan di Eropa lalu. Makanya saya selalu bersemangat untuk itu,” ujar Rinov menambahkan.

Baca juga: 14 wakil Indonesia memulai perjuangan di babak pertama BAC 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer