Politik 2024 dan Langkah Kuda Ramlan Badawi

Politik 2024 dan Langkah Kuda Ramlan Badawi

 

“Kenali musuhmu, kenali dirimu sendiri, dan kemenanganmu tak akan terancam”.

MAMASA – Quotes dari ahli perang zaman Cina kuno, Sun Tzu di atas, tampaknya ikut diadopsi oleh Ketua DPW PAN Sulawesi Barat, Ramlan Badawi.

Sejak mengambil alih kepengurusan PAN pada 2020 lalu, Ramlan langsung melancarkan gerak-gerak politiknya.

Ia ikut berkontribusi dalam kemenangan pasangan Tina-Ado di Pilkada Mamuju 2020. Itu dibuktikan dengan masifnya kerja sang putra, Munandar Wijaya di sejumlah wilayah Kabupaten Mamuju.

Lantas, apa target Ramlan hingga berani nimbrung dalam perhelatan politik wilayah pesisir? Bagaimana bargaining yang dibangun Bupati Mamasa itu?

PAN merupakan salah satu partai politik yang menunjukkan inkonsistensi pada Pileg 2019 lalu. Mereka hanya mampu mengamankan 2 kursi dengan total 57.331 suara. Coba bandingkan Pileg 2014. Kala itu, PAN mendulang 70.519 suara hingga menduduki kursi pimpinan DPRD Sulbar.

Menghadapi Pilgub 2024 dengan modal 2 kursi, PAN jelas butuh dukungan partai besar. Dan, Suhardi Duka dengan kekuatan 9 kursi Demokrat bisa menjadi modal PAN berbicara banyak di pilgub nanti. Belum lagi, dua kekuatan ini didukung faktor dari perspektif geopolitik: pegunungan dan pesisir.

Tinggal menyusun formula yang pas: SDK-Ramlan, Ramlan-Suraidah, SDK-Munandar, atau Suraidah-Munandar.

Belum lama ini, Ramlan Badawi mengaku sudah ada beberapa figur maupun partai politik yang mengajaknya ikut dalam bursa calon gubernur.

Namun, menurutnya, target 2024 adalah merebut kursi Senayan.

“Sudah banyak yang ajak (ikut pilgub). Tapi sampai saat ini saya masih target DPR RI,” ungkapnya.

Ramlan menegaskan, arah politiknya berdasar pada hasil survei. Dia pun masih berkonsentrasi membenahi kepengurusan PAN hingga ke tingkat desa.

Ia juga mengatakan, tetap mengedepankan aspek rasionalitas dalam menentukan pilihan politik.

“Saya dalam mengambil langkah politik itu sangat realistis, yang hampir pasti saja,” katanya.

Menarik melihat langkah apa yang bakal diambil tokoh politik wilayah pegunungan itu — selain — tentu Anwar Adnan Saleh — pada 2024 mendatang.

 

HARLY

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )