Pemprov Sulbar Keluarkan Peringatan Waspada DBD

Harly

MAMUJU – Dalam beberapa bulan terakhir, ada peningkatan signifikan dalam kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di 6 Kabupaten Provinsi Sulawesi Barat pada awal tahun.

Menanggapi situasi ini, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat telah mengeluarkan peringatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ini. Surat Edaran Gubernur Nomor 5 Tahun 2024 Tanggal 12 Maret 2024 juga telah diterbitkan kepada Bupati se-Provinsi Sulawesi Barat tentang kesiapsiagaan menghadapi peningkatan kasus DBD. Jumlah kasus DBD di Provinsi Sulawesi Barat pada bulan Januari mencapai 262 kasus, di Februari 224 kasus, dan di Maret 2024 sebanyak 157 kasus.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan ini masih dalam proses penyelidikan, namun kemungkinan perubahan iklim dan kondisi lingkungan yang mendukung perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, pembawa virus penyebab DBD, dianggap sebagai salah satu faktor yang signifikan.

Asran Masdy, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, menyatakan perlunya kesadaran masyarakat untuk mencegah penyakit ini, seperti membersihkan genangan air, menggunakan kelambu saat tidur, dan menghindari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Dia juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam mengenali dan melaporkan gejala DBD secara dini kepada fasilitas kesehatan setempat.

Dalam upaya mengatasi peningkatan kasus DBD, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat meningkatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dan memperkuat ketersediaan fasilitas serta tenaga medis untuk memberikan perawatan kepada penderita DBD.

Dengan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan peningkatan kasus DBD di Provinsi Sulawesi Barat dapat ditekan dan situasi kesehatan dapat terkontrol kembali.

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer