Kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa beroperasi selama libur Lebaran

admin

Sesuai jadwal, saat libur Lebaran kapal penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa tetap beroperasi

Jepara (ANTARA) – Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, tetap beroperasi dalam menyambut arus milir Lebaran 2024, termasuk saat libur Lebaran juga tetap beroperasi.

“Sesuai jadwal, saat libur Lebaran kapal penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa tetap beroperasi,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Nur Sahid di Jepara, Rabu.

Bahkan, kata dia, untuk Kapal Motor Cepat (KMC) Express Bahari pada Rabu (10/4) tetap beroperasi dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Jepara pukul 11.00 WIB, sedangkan dari Pelabuhan Karimunjawa pada hari yang sama berangkat pukul 11.00 WIB.

Hari berikutnya, yakni Kamis (11/4) juga tetap beroperasi dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Jepara pukul 10.00 WIB dan pukul 13.00 WIB. Jadwal serupa juga untuk keberangkatan dari Pelabuhan Karimunjawa pukul 10.00 WIB dan pukul 13.00 WIB.

Sementara untuk Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai, untuk Rabu (10/4) dan Kamis (11/4) libur Lebaran. Sedangkan Jumat (12/4) kembali beroperasi.

Baca juga: Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa layani reservasi daring tiket feri

Untuk jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Jepara pukul 06.30 WIB, sedangkan dari Pelabuhan Karimunjawa pukul 13.30 WIB.

Hari berikutnya, yakni Sabtu (13/4) berangkat dari Jepara pukul 07.00 WIB, sedangkan dari Karimunjawa berangkat Minggu (14/4) pukul 09.00 WIB.

Jadwal keberangkatan berikutnya, transportasi laut tersebut seperti sebelumnya beroperasi secara normal seperti sebelumnya.

Keberangkatan kapal penumpang tersebut, tetap menunggu informasi prakiraan ketinggian gelombang di laut, ketika aman akan beroperasi, sebaliknya ketika terjadi gelombang tinggi harus  mengutamakan keselamatan penumpang.

Gelombang tinggi biasanya terjadi saat musim barat yang terjadi antara bulan Desember, Januari dan Februari. Sementara berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG ketinggian gelombang di Perairan Laut Jepara saat ini berkisar 0-0,5 meter.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan selama libur Lebaran, angkutan penyeberangan dari sebelumnya satu trip menjadi dua trip per hari dengan tiga kapal yang beroperasi, yakni Siginjai berkapasitas penumpang 202 orang, kapal 8f Express Bahari berkapasitas penumpang 390 orang, dan kapal 1C Express Bahari berkapasitas penumpang 349 orang.

Baca juga: KKP sidak tambak udang di Karimunjawa yang resahkan masyarakat

Baca juga: KKP kembangkan Pulau Cemara sebagai ekoeduwisata bahari

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer