BI, Dinas Koperindag, Dekranasda Sulbar Kolaborasi Kembangkan UMKM

MAMUJU -Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Sulbar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulbar

Harly

MAMUJU -Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Sulbar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulbar sepakat untuk menjalin kerja sama dalam rangka mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sulbar, khususnya di bidang industri kerajinan.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan silaturahmi antara Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Achmad, dengan Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperindag Sulbar, Muh. Faizal Thamrin, yang juga Sekretaris Dekranasda Sulbar, di Kantor Dinas Koperindag Sulbar, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar, Gedung Gadis Lantai 3, Rabu (21/2/2024).

Pertemuan ini juga dihadiri Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperindag Sulbar, Muhammad Hisyam Said, serta jajaran dari Perwakilan BI Sulbar dan Dinas Koperindag Sulbar.

Dalam pertemuan ini, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulbar, Achmad menyampaikan, Perwakilan BI Sulbar memiliki komitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan Dinas Koperindag Sulbar dan Dekranasda Sulbar dalam mengembangkan UMKM melalui berbagai program, seperti pelatihan pemasaran digital, dukungan halal, pameran, dan dukungan program.

“BI memiliki banyak program yang bisa dikolaborasikan dengan Dinas Koperindag dan Dekranasda Sulbar, seperti kegiatan Onboarding UMKM. Kami berharap Dinas Koperindag, BI dan Dekranasda bisa berkolaborasi dan kegiatan-kegiatan yang nantinya dilaksanakan bisa memberikan manfaat yang lebih bagi UMKM di Sulbar,” ujar Achmad.

Salah satu bidang UMKM yang menjadi fokus Perwakilan BI Sulbar adalah industri kerajinan, khususnya tenun Mandar, dimana Perwakilan BI Sulbar saat ini memiliki program inovasi kain tenun Mandar berbahan katun yang lebih nyaman digunakan. Achmad juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung program Dekranasda Sulbar dalam melakukan rehab bangunan rumah produksi kelompok usaha tenun Mandar.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperindag Sulbar, Muh. Faizal Thamrin menyambut baik dukungan Perwakilan BI Sulbar dalam mengembangkan industri tenun Saqbe Mandar.

Ia juga menyampaikan, selain program rehab, Dinas Koperindag dan Dekranasda Sulbar juga memiliki program bantuan benang bagi penenun dan pelatihan diversifikasi produk tenun dan berharap program ini dapat dikolaborasikan dengan Perwakilan BI Sulbar.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini dan berharap bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tenun Saqbe Mandar di Sulbar. Kami juga berharap Perwakilan BI Sulbar bisa membantu kami dalam melakukan inovasi pengembangan tenun Mandar berbahan katun seperti yang telah BI Sulbar lakukan,” kata Faizal.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan UMKM di Sulbar, khususnya industri kerajinan, bisa lebih berkembang dan berdaya saing, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah. (**)

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer