Bapperida Sulbar Ikuti Rakor Pembinaan TKDV

Harly

MAMUJU –Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Junda Maulana menugaskan Fungsional Perencana Masita Pratiwi Husni bersama Staf teknis mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Sulawesi Selatan dan Workshop Pembentukan TKDV di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia di Hotel Four Points Makassar Sulawesi Selatan pada Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut Junda Maulana, kegiatan ini sesuai Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2023 bertujuan untuk dapat mendorong pembentukan TKDV di Provinsi dan TKDV diharapkan menjadi jembatan yang menghasilkan SDM Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Wilayah yang unggul.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito selaku Ketua Tim Pelaksana Tim Koordinasi Nasional Vokasi (TKNV) . Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai kementerian/lembaga, seperti Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kepala Pusat Pasar Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan dan Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah IV, Kementerian Dalam Negeri.

Fungsional Perencana Bapperida Sulbar, Masita Pratiwi, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh Bappeda Provinsi Kawasan Tengah dan Timur Indonesia. Dalam kegiatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang berbagai hal terkait pembentukan TKDV di provinsi; TKDV diharapkan menjadi jembatan yang menghasilkan SDM Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Wilayah yang unggul; dan Sistem Informasi Pasar Kerja dan Pelatihan Vokasi dalam Mendukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi SDM.

Masita Pratiwi berharap melalui kegiatan ini, Bapperida Sulbar dapat menidaklanjuti dengan melakukan rapat koordinasi dengan Perangkat Daerah Provinsi terkait untuk membahas pembentuk Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Provinsi Sulawesi Barat dan akan dibahas lebih lanjut berupa penyusunan Strategi Daerah (Strada) Vokasi yang disesuaikan dengan keunikan dan kekhasan daerah.

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer