Akses Jalan Bambang Masih Terisolir

Akses Jalan Bambang Masih Terisolir

MAMASA – Akses jalan di Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, masih terisolir.

Sejumlah titik jalan mengalami kerusakan. Kegiatan transportasi pun tidak lancar. Alhasil, kondisi ini berdampak pada aktivitas perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Bambang Timur, Pampalangi, pemerintah melalui Dinas PU Kabupaten Mamasa sempat melakukan penimbunan di beberapa titik jalan rusak.

Namun, tak ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

“Waktu bulan Desember tahun lalu, sebelum Natal, Dinas PU datang lakukan penimbunan pakai tanah. Tapi mereka kembali dengan alasan mau ganti alat karena yang dibawa itu hari loader. Setelah itu, mereka tidak pernah kembali lagi,” kata Pampalangi yang juga mantan camat Bambang kepada wartawan, Jumat, 14 Januari 2022.

Program penimbunan yang dilakukan Dinas PU itu justru membuat jalan semakin rusak parah.

Padahal sebelumnya, para sopir mobil di wilayah tersebut sudah melakukan swadaya, dengan menggunakan batu untuk menutup lubang jalan.

Hal itu dianggap efektif, sebelum Dinas PU datang melakukan penimbunan tanah.

Pampalangi berharap kondisi jalan Kecamatan Bambang bisa menjadi perhatian pemerintah, karena selain menjadi penghubung antardesa, jalur tersebut juga merupakan satu-satunya akses menuju ibukota kecamatan, puskesmas, dan pasar.

Anehnya, pada 30 Juni 2021 lalu, anggota Komisi II DPRD Mamasa, Jidon, mengatakan, biaya peningkatan jalan di Kecamatan Bambang tahun 2021 sebesar sekira Rp 7,8 miliar.

“Kami baru-baru rapat dengan Dinas PU. Untuk tahun ini beberapa akses jalan akan diperbaiki, khusus Bambang itu sekitar Rp 7,8 miliar,” ujar Jidon via telepon, 30 Juni 2021.

Jidon menyampaikan, ada beberapa ruas jalan yang bakal tersentuh pembangunan tahun 2021. Selain Kecamatan Bambang, Pemkab juga menganggarkan jembatan Tedong-Tedong Mamasa, jalur jembatan Mambi-Salubulung, Desa Taora, dan jalur Lakahang-Burana.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )