Gurihnya Nasi Puyung

Mataram (ANTARA) – Nasi puyung, itulah salah satu menu makanan yang bisa kita jumpai di Pulau Lombok. Nasi puyung adalah nasi bungkus layaknya nasi bungkus pada umumnya. 

Namun, rasa dan jenis lauk pauknya barangkali yang membedakan nasi bungkus yang satu ini dengan nasi bungkus lainnya.
   
Nasi puyung dibungkus dengan daun pisang. Karena itu, ketika dibuka aroma sedap yang pertama menyeruak.  Sementara di dalamnya selain nasi putih pera  yang masih panas juga terdapat  sejumlah lauk seperti sambal, kedelai goreng, suwiran dan cincang daging ayam serta kelapa parut goreng. 

“Aromanya khas,  sedap, rasanya  gurih dan pedasnya ‘nendang belakang’,” kata Nanang Apriyanto, seorang wisatawan domestik berkomentar.
    
Rasa pedas yang “nendang belakang” yang dimaksud Nanang adalah rasa pedas yang tidak terlalu terasa ketika kita makan nasi puyung. Namun, rasa pedas itu akan terasa cukup menyengat beberapa saat kemudian.
     
Puyung nama dari nama nasi bungkus tersebut sebenarnya adalah nama daerah di wilayah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Di daerah itu  ada seorang penjual nasi bernama  Papuk Isum. Dia  sudah puluhan tahun berjualan dan tetap memilih berjualan di rumahnya di sebuah lorong sempit di Desa Puyung . Daerah itu dapat ditempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan roda empat dari Mataram -Ibukota provinsi NTB.
     
Pelanggan nasi puyung sangat banyak.  Konon, saking banyaknya pelanggan itulah akhirnya nama puyung tersebar kemana-mana. Nama nasi puyung tidak lahir dari penjualnya, tapi lahir dari para pelanggan. Mereka menyebarkan keberadaan nasi puyung secara berantai, dari mulut ke mulut.

Papuk Isum tidak ingat betul kapan ia pertama kali menjual nasi puyung yang kini diminati masyarakat kelas bawah hingga  menengah atas ini. Menginjak usianya yang sudah uzur, dalam berjualan Papuk Isum saat ini banyak dibantu anaknya Hj Saripah. 
    
Memang, nasi puyung tampak tidak ada istimewanya. Tapi, kekhasan rasa, aroma dan cara penyajian dari menu nasi bungkus ini, telah menjadikan nasi puyung dikenal luas. Bahkan, tidak jarang pembeli memesan dalam jumlah banyak untuk dibawa ke sejumlah kota sebagai oleh-oleh.
    
Nah, jika anda berwisata ke Pulau Lombok , selain anda bisa  menikmati panorama alam yang indah, silahkan anda mencoba juga wisata kuliner yang satu ini. (*)
 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )