Bhabinkamtibmas di Polresta P. Ambon dan P.P.Lease harus kedepankan tugas pre-emtif

Ambon (ANTARA) –
Para Bhabinkamtibmas yang bertugas di seluruh wilayah Polsek di jararan Polresta P.Ambon dan P.P.Lease haruslah lebih mengedepankan tugas-tugas yang sifatnya lebih pre-emtif di masyarakat terutama pada wilayah yang rangking potensi konflik lebih besar.

“Bhabinkamtibmas yang mendapatkan Pin Emas dari Kapolri dengan progiat yang dilakukan dapat menjadi motivasi bagi rekan yang lain berprestasi dan dapat mewakili Polresta dalam lomba-lomba Bhabinkamtibmas tingkat Nasional,” kata Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Leo SN Simatupang di Ambon, Kamis.

Penegasan Kaplresta disampaikan saat melakukan pertemuaan dengan para Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Dalam Pertemuan tersebut ada beberapa Evaluasi dan arahan yang di sampaikan oleh Kapolresta diantaranya tentang kehadiran para Bhabinkamtibmas masing-masing Polsek dengan rangking potensi konflik dan permasalahan atau jumlah kasus di wilayah Polsek jajaran.

Kapolresta juga meminta melaksanakan pemeriksaan buku kunjungan para Bhabinkamtibmas secara sample dari beberapa Polsek.

Dalam pemeriksaan buku kunjungan ditemukan beberapa hal antara lain perlu adanya persamaan persepsi dalam penulisan buku kunjungan dengan memuat kritikan, saran serta informasi sebagai data awal untuk tugas selanjutnya.

“Kasat Binmas selaku pembina fungsi harus selalu mengawasi dan memberi arahan kepada para Bhabinkamtibmas untuk selalu melaksanakan tugas dengan baik dan benar,” tandasnya.

Selain itu Kasat Binmas perlu memberikan arahan teknis dalam hal melaksanakan kunjungan kerumah warga.

Para Bhabinkamtimas yang bertugas rangkap harus mampu mengatur waktu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang idealnya satu Bhabinkamtimas satu desa tanpa tugas rangkap.

Namun Secara riil anggota Polri masih kurang sehingga perlu adanya kesadaran dan semangat dalam melaksanakan tugas sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

“Perlu adanya Pendataan yang objektif pada semua warga binaan untuk mengetahui jumlah warga secara klasifikasi, serta berpotensi dan yang berpengaruh di masyarakat setempat,” tegas Kapolresta.

Setiap masukan, kritikan, dan informasi dari masyarakat harus dikompulir dan ditulis sebagai bahan untuk pimpinan dalam mengambil langkah atau tindakan kepolisian selanjutnya.

Para Bhabinkamtibmas agar melaporkan atau menginformasikan situasi dan perkembangan kamtibmas wilayah kepada Kapolsek maupun Kasat Binmas.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )