Usulan kenaikan tipe Polda Papua Barat mulai dikaji

Manokwari (ANTARA) – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mulai mengkaji serta mengevaluasi kelayakan Polda Papua Barat untuk naik status dari tipe B menjadi

admin

Manokwari (ANTARA) – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) mulai mengkaji serta mengevaluasi kelayakan Polda Papua Barat untuk naik status dari tipe B menjadi A.

Tim Studi Asisten Perencanaan Kapolri berkunjung ke Polda Papua Barat, Rabu, untuk mendengar pemaparan terkait kondisi terkini tentang Polda di daerah tersebut.

Ketua Tim Studi Kelayakan, Brigjen Yasdan Rivai pada kesempatan itu mengutarakan, untuk mendorong kenaikan tipe merupakan tanggung jawab seluruh jajaran di Polda. Dengan demikian, seluruh jajaran agar bersinergi.

“Ini adalah pekerjaan dari Polda Papua Barat, bukan Biro Rena saja, tapi tanggung jawab rekan rekan semua,” sebut Yasdan.

Setelah melakukan evaluasi terhadap kondisi terbaru Polda Papua Barat pihaknya segera melakukan pendalaman.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Tornagogo Sihombing pada kesempatan itu memaparkan sejumlah pertimbangan yang mendorong agar kenaikan tipe segera terlaksana.

“Wilayah hukum Polda Papua Barat berbatasan dengan Negara Palau di wilayah Pasifik. Kenaikan tipe juga didorong untuk mempermudah dan koordinasi dengan intansi samping seperti Kodam XVIII Kasuari,” katanya.

Kodam Kasuari, lanjut Kapolda, memiliki level setingkat lebih tinggi dibanding Polda. Jabatan Pangdam pun saat ini sudah diisi oleh seorang Mayor Jenderal.

Pertimbangan lain, di Papua Barat terdapat destinasi parkwisata berstandar Internasional yakni Raja Ampat dan Kaimama.

Sedangkan dari sisi keamanan, Provinsi Papua Barat memiliki potensi konflik cukup tinggi dengan latar belakang paham ideologi, politik dan kesenjangan sosial.

“Yang tak kalah penting adalah potensi sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, kelautan serta pertambangan,” ujarnya lagi.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer