Tokoh adat Keerom minta KPK segera periksa Lukas Enembe

Jakarta (ANTARA) – Ketua Adat Sekanto dari Kabupaten Keerom, Papua, Didimus Werare berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe.

“KPK harus memeriksa Lukas Enembe beserta pejabat terdekatnya agar semua yang berkaitan dengan kasus korupsi dapat dihukum,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Dia meminta Lukas Enembe harus sadar dan mau diperiksa KPK sesuai aturan hukum. Jika Lukas merasa benar maka segera disampaikan kepada KPK.

“Kami orang adat tidak akan melakukan intervensi karena tidak mau ada pengorbanan yang sia-sia,” katanya menegaskan.

Dia mengingatkan seluruh warga Papua agar memperbolehkan tim KPK untuk memeriksa Lukas Enembe.

“Warga dari wilayah Keroom tidak ada yang bergabung dengan Lukas Enembe, mereka bekerja dan tinggal bersama keluarga masing-masing,” ungkapnya.

Sebelumnya, dukungan disampaikan Ketua Adat Suku Daiget dari Keerom, Papua, Servo Tuamis yang meminta Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) memfasilitasi KPK untuk menyelesaikan kasus Lukas Enembe.

“MRP dan DPRP agar melakukan pendekatan dengan ketua-ketua adat dari daerah pegunungan, seperti Wamena, Tolikara, dan tokoh-tokoh Papua lainnya di Jayapura. Membuat kesepakatan tertulis, baru kemudian Bapak Lukas diperiksa,” katanya.

Menurut dia, langkah itu sangat mungkin dilakukan, mengingat tokoh-tokoh yang duduk di kedua lembaga pilihan rakyat itu banyak berasal dari wilayah pegunungan sehingga mereka akan mudah berkoordinasi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tokoh adat Papua harap KPK segera periksa Lukas Enembe

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )