Sulsel raih penghargaan provinsi terbaik di KTI pada ajang P2DD

Makassar (ANTARA) – Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih penghargaan sebagai provinsi terbaik di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dalam ajang Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) tahun 2022.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melalui keterangannya di Makassar, Sulsel, Selasa, menyatakan dirinya hadir langsung menerima penghargaan tersebut di acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, 6 Desember 2022.

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pencapaian ini merupakan kerja keras, sinergi dan kolaborasi semua pihak dan masyarakat di Sulsel.

“Alhamdulillah lebih dari 101 persen (naik Rp1,4 trilliun) kenaikan pendapatan Bapenda meningkat pada sektor nontunai dari 2021 ke 2022 sebagai salah satu key indikator penghargaan ini,” kata Andi Sudirman.

Salah satu keberhasilan digitalisasi keuangan di Pemprov Sulsel adalah meningkatnya pembayaran pajak lewat transaksi nontunai. Berdasarkan data Bapenda Sulsel, ada kenaikan 101 persen pembayaran pajak lewat nontunai dari tahun 2021 ke 2022.

Pada November Tahun 2021, pembayaran pajak sekitar Rp1,29 triliun secara nontunai. Sementara hingga akhir November lalu, pembayaran pajak melalui transaksi nontunai sudah tembus Rp2,61 triliun.

“Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh rakyat Sulsel yang telah mendukung program elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dalam bentuk kontribusi pembayaran pajak dan retribusi melalui kanal pembayaran nontunai,” ungkap Andi Sudirman Sulaiman.

Selain Sulawesi Selatan, masih ada tiga pemda di Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan TP2DD terbaik, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Luwu dan Kabupaten Sidrap. “Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan hanya dapat dicapai melalui kerjasama yang solid dan sinergi antara seluruh pemda di Sulawesi Selatan, di bawah koordinasi dan supervisi Tim P2DD Provinsi Sulawesi Selatan,” urai Sudirman.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )