Sepekan, dampak corona pada perekonomian sampai harga Pertamax turun

Wabah virus corona kian menjadi kekhawatiran, hingga saat ini belum ada penjelasan utama bagaimana cara penularannya, seberapa cepat inkubasinya dan pengaruhnya

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah berita ekonomi menarik mewarnai pemberitaan dalam sepekan terakhir antara lain dampak virus corona terhadap perekonomian, harga minyak yang turun dan IHSG terus terkoreksi, hingga harga BBM jenis Pertamax yang turun.

Berikut rangkuman pemberitaan dalam 27 Januari hingga 2 Februari 2020 :

1. Minyak turun karena wabah corona guncang prediksi pertumbuhan ekonomi

Harga minyak jatuh pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB) dan berada pada jalur penurunan dalam empat minggu berturut-turut karena meningkatnya kekhawatiran tentang kerusakan ekonomi dari virus corona yang telah menyebar dari China ke sekitar 20 negara, menewaskan lebih dari 200 orang.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Maret merosot 0,13 dolar AS menjadi menetap pada 58,16 dolar AS per barel dan turun sekitar empat persen selama minggu ini.

Harga sempat mendapat dukungan setelah Menteri Energi Rusia Alexander Novak yang mengatakan Rusia siap untuk memajukan jadwal pertemuan OPEC dan sekutunya ke Februari dari sebelumnya Maret untuk mengatasi kemungkinan terpukulnya permintaan minyak global akibat virus.

Baca selengkapnya di sini

2. IHSG akhir pekan lanjutkan koreksi masih dipicu virus corona

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada akhir pekan ditutup melanjutkan koreksi masih dipicu kekhawatiran investor terhadap wabah virus corona.

IHSG ditutup melemah 117,54 poin atau 1,94 persen ke posisi 5.940,04. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 25,22 poin atau 2,56 persen menjadi 961,97.

“Wabah virus corona kian menjadi kekhawatiran, hingga saat ini belum ada penjelasan utama bagaimana cara penularannya, seberapa cepat inkubasinya dan pengaruhnya,” kata Kepala Riset Valbury Sekuritas Alfiansyah di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

3. Menhub jelaskan alasan penjemputan WNI di Wuhan dengan Batik Air

enteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan alasan gunakan pesawat Batik Air untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, sudah melalui proses diskusi yang panjang.

Budi Karya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu menuturkan bahwa penerbangan ke Wuhan adalah misi kemanusiaan, dan Pemerintah Indonesia menunjuk PT Lion Air karena syarat dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pelaksana misi kemanusian haruslah operator yang memiliki izin penerbangan reguler dari dan ke Wuhan.

Garuda Indonesia, kata Budi, tidak memiliki rute penerbangan langsung ke Wuhan lantaran yang memiliki hanya Lion Air dan Sriwijaya.

Baca selengkapnya di sini

4. Erick Thohir berhentikan dua Direktur ASABRI

Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan dua direktur PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau ASABRI.

“Melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-36/MBU/01/2020 tanggal 30 Januari 2020, Menteri BUMN selaku rapat umum pemegang saham memberhentikan dengan hormat Herman Hidayat dan Rony Hanityo Apriyanto dari jabatan direktur, yang masing-masing diangkat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-66/MBU/03/2016 tanggal 29 Maret 2016 dan SK-171/MBU/08/2019 tanggal 2 Agustus 2019,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN Ferry Andrianto dalam rilis di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

5. Harga BBM disesuaikan, Pertamax turun Rp200 per liter

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali mengalami penyesuaian, kali ini jenis Pertamax turun senilai Rp200 terhitung sejak 1 Februari 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara di Jakarta, Sabtu, harga BBM jenis Pertamax menjadi Rp9.000 dari sebelumnya Rp9.200 per liter.

Selain DKI Jakarta, harga Rp9.000 untuk Pertamax juga berlaku di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, Bali, NTB dan NTT.

Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )