Saham Australia berakhir melemah terseret perbankan dan penambang

admin

Pada akhir perdagangan, hanya ada beberapa sektor yang lolos dari penjualan dengan penurunan yang cukup luas

Sydney (ANTARA) – Pasar saham Australia tergelincir pada akhir perdagangan Rabu, setelah mencatat kenaikan dua hari berturut-turut, karena saham-saham perbankan dan pertambangan kelas berat menyeret bursa lokal lebih rendah.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 45,00 poin atau 0,73 persen menjadi 6.116,40 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 37,50 poin atau 0,59 persen menjadi 6.294,50 poin.

“Pada akhir perdagangan, hanya ada beberapa sektor yang lolos dari penjualan dengan penurunan yang cukup luas. Di antara yang jatuh paling kuat adalah keuangan dengan empat bank besar masing-masing meluncur antara 1,0 persen hingga 1,5 persen,” kata analis pasar CommSec, James Tao.

“Kelas berat lainnya termasuk penambang BHP Group, Transurban dan Telstra adalah penyeret besar lainnya.”

Di sisi positif, Zip Co Limited melambung 27,48 persen dan mencapai level tertinggi baru ketika penyedia beli-sekarang, bayar-nanti mengumumkan kemitraan dengan eBay Australia dan meluncurkan produk baru, Zip Business.

Di bidang keuangan, bank-bank besar terpuruk dengan Commonwealth Bank turun 1,14 persen, ANZ turun 1,38 persen, National Australia Bank turun 1,53 persen, dan Westpac Bank turun 1,29 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan Rio Tinto turun 1,60 persen, BHP turun 0,76 persen, dan penambang emas Newcrest turun 1,89 persen. Namun, Fortescue Metals menguat 1,19 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search naik 1,66 persen, Santos turun 0,88 persen dan Woodside Petroleum turun 0,50 persen.

Supermarket terbesar di Australia juga beragam dengan Coles naik 0,53 persen dan Woolworths turun 0,43 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra anjlok 3,27 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas merosot 1,30 persen dan perusahaan biomedis CSL terangkat 0,37 persen.

Baca juga: Saham Aussie jatuh pada awal perdagangan dengan kerugian meluas
Baca juga: Saham Aussie berakhir menguat terangkat sektor perbankan dan teknologi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer