PLN UIW NTB menanam seribu pohon di Lombok

admin

Mataram (ANTARA) – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat memperingati Hari Menanam Pohon pada 28 November dengan menanam seribu batang bibit pohon di lima kabupaten/kota se-Pulau Lombok.

Kegiatan penanaman secara simbolis dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemprov NTB Madani Mukarom bersama Senior Manager Pembangkitan PLN UIW NTB Edyson Rajaguguk, di pantai Tanjung Karang, Kota Mataram, Kamis.

“Saya mengapresiasi PLN karena telah berkomitmen dan rutin melakukan penanaman bibit pohon setiap tahunnya dalam rangka mewujudkan salah satu NTB Gemilang, yakni NTB Asri dan Lestari ,” kata Madani, saat menyampaikan sambutan.

Di sepanjang pantai Tanjung Karang akan ditanami sebanyak 300 hingga 400 batang bibit pohon cemara laut, dan sisanya akan ditanam di sekitar lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang tersebar di Pulau Lombok.

“Penanaman juga diarahkan di sana karena untuk menjaga ketersediaan air di mata air, sungai, dan danau agar tetap besar, sehingga pembangkit tersebut tetap andal,” ujar Senior Manager Pembangkitan PLN UIW NTB Edyson Rajaguguk.

Ia menyebutkan jenis bibit pohon yang ditanam, yakni mahoni, cemara laut, ketapang kencana, flamboyan, matoa, nangka genjah dan tanaman buah, seperti durian, kelengkeng dan lain-lain.

Kedepannya, kata dia, akan dilakukan pemeliharan selama tiga bulan untuk memastikan bibit pohon yang telah ditanam berhasil hidup dan tumbuh. Upaya tersebut dilakukan dengan melibatkan masyarakat dan pecinta alam.

Edyson mengatakan penanaman bibit pohon pada November 2019, merupakan tahun ke-2 PLN UIW NTB melaksanakan penghijauan dalam rangka meperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Sebelumnya sebanyak 2.000 batang bibit pohon telah ditanam di Lombok pada 2018.

“Secara keseluruhan, PLN melalui 21 unit kerjanya, sudah menanam sekitar 80.000 ribu bibit pohon yang tersebar se-Indonesia pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia,” kata Edyson.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer