Pj Gubernur Kunjungi Agus, Begini Kata Pengamat

Pj Gubernur Kunjungi Agus, Begini Kata Pengamat

PASANGKAYU –Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik berkunjung ke kediaman Agus Ambo Djiwa di Kabupaten Pasangkayu, Sabtu, 21 Mei 2022.

Ketua PDI-P itu mengaku tak ada pembicaraan khusus dengan penjabat gubernur. Mereka hanya makan siang dan berbincang soal pembangunan Sulbar.

Namun begitu, pengamat politik Universitas Sulbar (Unsulbar), Ahmad Amiruddin, memandang kunjungan Akmal sangat menguntungkan Agus secara politis.

“Penentuan Pj Gubernur yang ditentukan oleh pemerintah, tentu memang sejak awal didorong oleh partai-partai yang punya kepentingan pada pemilihan daerah untuk menyongsong pemilihan nasional,” buka Ahmad.

“Oleh sebab itu tokoh seperti Agus Ambo Djiwa, yang juga merupakan orang partai yang berkuasa saat ini, memungkinkan saja untuk didorong pada pilgub untuk memenangkan pilgub dan juga persiapan pemilu nasional ke depan,” jelasnya.

Saat ini Ahmad Amiruddin tetap melihat Akmal Malik sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam menjalankan pemerintahan di daerah.

Tetapi, dia melanjutkan, pada sudut pandang politis, langkah ini secara implisit menguntungkan Agus Ambo Djiwa sebagai figur yang diperhitungkan dalam kontestasi pilgub.

Agus sebagai figur potensial itu dinilai akan berpengaruh ke PDI-P pada Pilpres 2024.

Terlepas dari adanya kepentingan Agus dan PDI-P, Ahmad Amiruddin mengatakan, penjabat gubernur memang perlu membangun silaturahim dengan elit-elit politik di Sulbar.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )