Pemprov Sulbar belum keluarkan izin lingkungan untuk PLTA Karama

Mamuju (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat belum pernah mengeluarkan izin lingkungan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

“Sampai saat ini Pemprov Sulbar belum pernah mengeluarkan izin pembangunan PLTA Karama, itu sebagai penegasan kami,” kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah Sulbar sangat mendukung semua upaya langkah langkah dari Forum Masyarakat Kalumpang Raya untuk menjaga kearifan lokal dari dampak pembangunan.

Menurutnya dia, pemerintah Sulbar sudah memanggil semua pihak terkait mengenai adanya rencana pembangunan PLTA Ka rama untuk mencari keterangan.

“Kesimpulannya, rencana pembangunan PLTA Karama adalah sebagai bentuk penanaman modal asing yang dilaksanakan oleh PT DND Hydro Ecopower dan yang memiliki kewenangan untuk izinnya adalah pemerintah ditingkat pusat,” katanya.

Namun demikian pemerintah Sulbar berwenang memberikan izin lingkungan, dan itu ternyata belum pernah dikeluarkan.

Ia mengatakan pemerintah Sulbar selanjutnya akan mengundang tokoh masyarakat dan pemerintah kabupaten untuk memutuskan secara bersama mengenai rencana pembangunan PLTA Karama.

“Pemerintah Sulbar saat ini, tidak mau ada masyarakat yang dirugikan sehingga harus dilibatkan semua pihak termasuk akan melakukan koordinasi dengan DPRD Sulbar untuk membahas terkait pembagunan PLTA yang dilaksanakan oleh PT DND Hydro Ecopower,” katanya.

Ia menyatakan akan terus berupaya agar tuntutan masyarakat Kalumpang Raya di Mamuju terpenuhi yakni menolak pembangunan PLTA Karama.

“Pemerintah Sulbar bergerak atas nama masyarakat, dan tidak akan mau bila masyarakat dirugikan dan semua pihak akan diminta bersama membahas masalah PLTA Karama, untuk mencari solusi terbaik,” katanya.

Sebelumnya masyarakat Kalumpang Raya meminta pemerintah Sulbar menolak pembangunan PLTA Karama karena akan berdampak pada lingkungan dan kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )