Pemkab Biak dorong kampung Suneri jadi agromina wisata Papua

Biak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mendorong wilayah pertanian di Kampung Suneri, Distrik Yendidori menjadi agromina wisata.

Bupati Biak Herry Ario Naap dalam keterangan tertulis, Minggu mengatakan, Pemkab Biak Numfor sangat mendukung menyiapkan Kampung Suneri menjadi kawasan agromina wisata dengan membantu sejumlah sarana produksi berbagai komoditas pertanian setempat.

Penyerahan sejumlah sarana produksi pertanian dilakukan langsung Bupati Herry Ario Naap bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan I Made Suardana di lokasi pertanian masyarakat Kampung Suneri berupa prasarana produksi dan bibit tanaman Hortikultura buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Khusus untuk wilayah Suneri akan dorong untuk menjadi agromina wisata dan saat ini menjadi perhatian pemerintah, termasuk dari sisi pengembangan luasan lahan pertanian dan penanaman sejumlah komoditi pertanian,” ujarnya.

Bantuan sarana produksi yang diserahkan di antaranya, bibit pohon kelapa 420 pohon, bibit pohon rambutan 60 pohon, bibit pohon durian 250 pohon, lalu bibit kangkung 10 bungkus, kol/kubis 10 bungkus.

Bibit tomat 10 bungkus dan bibit sawi 11 bungkus serta satu unit traktor dan pupuk 40 karung (50 Kg/karung) dan insektisida 35 bungkus.

Bupati Herry Naap meminta masyarakat petani terus mengembangkan usaha-usaha pertaniannya sehingga dapat memberikan hasil yang bisa memberikan pendapatan dan minimal memenuhi kebutuhan keluarga keseharian.

“Kalau dikelola dengan baik, maka sudah pasti dari hasil pertanian ini akan mendatangkan uang yang tentunya jumlahnya tidak sedikit. Bantuan yang diberikan ini tentunya diharapkan dapat mensuport masyarakat dalam mengembangkan usaha-usaha pertaniannya dengan berbagai komoditi,”pesan Bupati termuda di Papua.

Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor akan memberikan dukungan terhadap pengembangan pertanian di wilayah Suneri bahkan wilayah lainnya di Biak Numfor.

“Berbagai usaha-usaha pertanian terus dikembangkan dan memberikan hasil maksimal,”ujar Bupati Herry Naap.

Setelah menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian, Bupati didampingi Ketua TP PKK Biak Numfor Ny. Ruth Naomi Naap Rumkabu meninjau sejumlah tanaman pertanian masyarakat dan melakukan langsung panen sayur-sayuran di kampung Suneri.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )