Pemerintah Biak Numfor bangun rumah potong unggas

Biak Numfor, Papua (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada 2023 membangun fasilitas rumah potong unggas untuk melayani pemotongan ayam dan bebek dalam upaya menyediakan

admin

Biak Numfor, Papua (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, pada 2023 membangun fasilitas rumah potong unggas untuk melayani pemotongan ayam dan bebek dalam upaya menyediakan daging unggas yang dijamin sehat dan bersih untuk konsumsi masyarakat.

“Saat ini persiapan untuk pembangunan fisik rumah potong unggas di Biak sedang dalam proses,” sebut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Biak Numfor I Made Suaryadana di Biak, Minggu.

Made mengakui kehadiran rumah potong unggas yang dibangun tahun ini sangat dinantikan para pelaku usaha ayam potong di Biak Numfor.

Diakui Made, rumah potong unggas sesuai Standar Nasional Indonesia 01-6160-1999 yaitu suatu komplek bangunan dengan disain dan konstruksi khusus yang memenuhi persyaratan teknis dan higiene tertentu, serta digunakan sebagai tempat memotong unggas bagi konsumsi masyarakat umum.

Dalam UU No. 18 Tahun 2009 pada Pasal 61, lanjut Made, menyebutkan kegiatan pemotongan hewan/unggas yang dagingnya diedarkan harus dilakukan di RPU serta
mengikuti cara penyembelihan yang memenuhi kaidah kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan

Melalui layanan rumah potong unggas, menurut Made, maka berapa pun jumlah ayam yang disembelih dapat lebih cepat selesai karena proses potong unggas menggunakan kemajuan teknologi.

“Jika rumah potong unggas selesai dikerjakan tahun ini juga bisa segera dioperasikan melayani masyarakat, ” katanya.

Disinggung lokasi lahan pembangunan rumah potong unggas ayam, menurut Made, saat ini sudah tersedia di wilayah sekitar Distrik Samofa.

“Dinas Pertanian sebagai OPD teknis pemerintah daerah siap mengelola dan memfungsikan fasilitas rumah potong unggas ayam satu-satunya di Kabupaten Biak Numfor, ” katanya.

Rumah Potong Unggas Biak akan digunakan sebagai rumah potong khusus unggas, seperti ayam dan bebek.
 

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer