Pelancar Rio Waida bersaing dengan peringkat satu WSL di babak pembuka G-Land

Jakarta (ANTARA) – Peselancar nasional Rio Waida akan bersaing dengan peringkat satu Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Filipe Toledo pada babak pembuka G-Land Pro, Sabtu.

Rio, yang awal pekan ini menorehkan prestasi sebagai juara Challenger Series Sydney Surf Pro, berada satu heat bersama peselancar asal Brazil tersebut dan juga peselancar Amerika Serikat Nat Young, yang saat ini berada di peringkat ke-14.

Dalam voting secara daring pada situs web WSL, Sabtu dini hari, Rio, yang akan bertanding di Heat 4, terpantau mendapat dukungan sebanyak 25 persen — lebih besar dari Nat Young dengan 20 persen, namun jauh lebih sedikit dibanding Toledo dengan 55 persen.

Rio mengantongi wildcard untuk mengikuti Championship Tour (CT) yang digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur itu.

Meski berpredikat pemegang wildcard, pemuda blasteran Indonesia-Jepang itu memiliki catatan yang baik saat bertemu dengan Toledo.

Rio, yang tahun lalu juga mendapatkan wildcard untuk mengikuti Corono Open Mexico, berhasil mengalahkan Toledo, yang saat itu berada di peringkat tiga dunia, pada ajang tersebut.

Meskipun kandas pada babak selanjutnya dan harus puas finis di urutan kesembilan, Rio mengaku kesuksesannya itu tak lepas dari rasa percaya diri yang menjadi bekal setelah dia berhasil masuk 16 besar pada Olimpiade Tokyo.

Selain Rio, pemegang wildcard lainnya adalah Gabriel Medina. Peselancar asal Brazil tersebut sempat rehat dari dunia profesional yang membesarkan namanya itu karena isu kesehatan mental dan mendapatkan kesempatan untuk tampil di G-Land Pro lantaran menjadi juara dunia tahun lalu.

“Surfing pertama di G-Land, senang bisa kembali…,” tulis Medina dalam video yang menunjukkan dirinya tengah menjajal ombak G-Land, yang diunggah Jumat.

Medina akan bersaing dengan peringkat ke-8 Callum Robson dan peringkat ke-17 Samuel Pupo pada Heat 8.

Seakan tak mau kalah, peraih emas Olimpiade Tokyo Italo Ferreira juga siap untuk memenangi seri CT G-Land.

Peselancar asal Brazil itu tampak telah menjajal ombak. Dalam unggahan di akun Instagram miliknya, dia mengatakan bahwa G-Land memiliki “gelombang tercepat di dunia.”

Ferreira akan berkompetisi di Heat 5 bersama Caio Ibelli dan Jake Marshall.

Selanjutnya, Heat 6 diisi dengan peraih medali perak Olimpiade Tokyo peselancar Jepang Kanoa Igarashi bersama Griffin Colapinto dan Matthew McGillivray.

WSL G-Land, yang merupakan gelaran kelima dari seri World Championship Tour musim ini, awalnya diikuti oleh 32 peserta putra, namun mengerucut hanya 22 peserta putra pada seri kali ini.

Ajang selancar G-Land, yang dijadwalkan berlangsung pada 28 Mei-6 Juni 2022, diikuti total 36 peselancar, yakni 12 peserta putri dan 24 peserta putra, termasuk dua di antaranya wildcard.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )