Operasional penuh tol Manado-Bitung direncanakan awal Februari 2022

Manado (ANTARA) – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Utara, Erik A Singarimbun mengatakan, operasional penuh tol Manado-Bitung direncanakan pada awal bulan depan.

“Sudah ada tim yang melakukan evaluasi akhir sebelum diterbitkan sertifikat laik operasi, setelah itu akan diresmikan. Informasi terakhir peresmiannya di awal Februari,” sebut Erik di Manado, Senin.

Meski begitu, kata dia, jadwal diresmikannya tol terpanjang di Sulawesi itu masih harus menunggu waktu dari pemerintah pusat.

“Jika sudah fix, pasti akan diresmikan,” katanya.

Menurut dia, apabila sudah masuk ke tim uji kelayakan, maka ruas jalan tol tersebut layak berfungsi 100 persen.

“Jadi tim ini akan menilai, akan dilihat perbaikan-perbaikan kecil untuk diselesaikan, setelah selesai diperbaiki dievaluasi kemudian diterbitkan SLO,” jelasnya.

Selanjutnya, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono mengatakan, peresmian tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut setelah diresmikannya sebuah ruas tol di Sumatera Utara.

“Sepertinya setelah itu, baru Sulawesi Utara,” katanya.

Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara diharapkan mampu memacu perekonomian dan peningkatan kesejahteraan warga di provinsi ujung utara Sulawesi itu.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )