NTB perkuat citra Mandalika sebagai destinasi wisata kelas dunia

NTB perkuat citra Mandalika sebagai destinasi wisata kelas dunia

Jadi kegiatan-kegiatan ini harus berjalan lancar tentunya. Maka semua pihak termasuk masyarakat juga harus terlibat mengamankan ini. Itulah salah satu cara kita menjaga dan memelihara citra Mandalika

Mataram (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperkuat citra Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah sebagai destinasi kelas dunia seiring wilayah itu menjadi titik ekonomi baru di luar pulau Jawa.

“NTB sudah mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi, bahwa Lombok dengan Mandalika dan sirkuit-nya di deklarasikan menjadi epicentrum ekonomi baru pengembangan pariwisata nasional yang bisa membawa nama Indonesia di kancah internasional. Tentu tugas kita bersama menjaga dan memelihara semua ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan penguatan citra Mandalika sebagai sebuah kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) ini dilakukan dengan cara menjaga dan memelihara sejumlah agenda yang akan digelar di kawasan tersebut. Seperti perhelatan World Superbike (WSBK) yang akan dilaksanakan pada bulan Maret dan MotoGP di bulan Oktober 2023.

“Jadi kegiatan-kegiatan ini harus berjalan lancar tentunya. Maka semua pihak termasuk masyarakat juga harus terlibat mengamankan ini. Itulah salah satu cara kita menjaga dan memelihara citra Mandalika,” ujarnya.

Menurut Yusron, mendayagunakan Mandalika sebagai sebuah entitas DSPN merupakan bentuk penghargaan daerah untuk merespons apa yang disampaikan Presiden Jokowi saat pertemuan tahunan dengan Bank Indonesia.

“Inilah mestinya yang perlu kita syukuri. Gubernur NTB juga sudah menyampaikan pembangunan dengan skala besar seperti Mandalika tentu memiliki dampak luas. Tidak mungkin kita dibangunkan jalan bagus, telekomunikasi dan listrik yang bagus serta penguatan SDM kalau daerah ini tidak ditetapkan sebagai sebuah kawasan DSPN bersama empat destinasi lainnya (Borobudur, Toba, Labuan Bajo, dan Likupang),” kata Yusron Hadi.

Ia menambahkan perkembangan kawasan Mandalika saat ini sama halnya saat nanti NTB bersama NTT menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028. Di mana infrastruktur akan terbangun melalui pembiayaan oleh pemerintah pusat.

“Tentu ini perlu kita syukuri karena NTB dipercaya sebagai destinasi wisata. Di mana konsepnya Mandalika menjadi pusat dan harapan baru bagi kemajuan ekonomi di tanah air,” katanya.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan Mandalika berhasil menambah daftar titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa, dan diharapkan nantinya menjadi bagian dari salah satu titik pertumbuhan ekonomi negara.

Dimana pariwisata nantinya ketika sudah normal diharapkan menjadi pertumbuhan ekonomi baru dan menjadi titik pertumbuhan ekonomi negara.

“Infrastruktur yang kita bangun itu menambah titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa, ada Mandalika, itu titik pertumbuhan ekonomi baru untuk pariwisata,” ungkap Jokowi dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta.

Baca juga: RDTR desa penyangga KEK Mandalika telah dituntaskan

Baca juga: 120 binaragawan ikuti kejuaraan dunia binaraga di Mandalika

Baca juga: BKSDA NTB terus benahi TWA Gunung Tunak penyangga KEK Mandalika
 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )