Manajemen ANTV dukung pemerintah sukseskan pembagian STB di Makassar

Makassar (ANTARA) – Manajemen PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) terus mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan peralihan siaran televisi analog ke siaran digital dengan membagikan Set

admin

Makassar (ANTARA) – Manajemen PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) terus mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan peralihan siaran televisi analog ke siaran digital dengan membagikan Set Top Box (STB) bersertifikat kepada warga menjelang diberlakukannya Analog Switch Off (ASO) di Makassar, Sulawesi Selatan, yang direncanakan pada 24 Mei 2023.

“Bersama tim, kami mendatangi rumah-rumah warga di Kelurahan Laikang, Kecamatan Biringkanaya. Di sana tim mensosialisasikan tentang ASO serta mengajari warga cara menghubungkan alat STB ke televisi, “ujar  Supervisor Corporate Communication ANTV Eka Sophiani di Makassar, Selasa.

Dalam sosialisasi tersebut, kata dia, ditemukan masih banyak masyarakat belum paham betul menggunakan STB, sehingga diajarkan oleh tim teknis dari ANTV dan TV One bagaimana cara menggunakannya secara baik dan benar. 

“Setelah mereka paham baru kita bagikan STB-nya untuk mendapatkan siaran televisi lebih jernih. Bahkan, sebagian masyarakat belum mengetahui apa sebenarnya ASO, serta maksud dan tujuan peralihan siaran televisi analog ke digital, sehingga diberikan penjelasan,” papar Eka.    

Selain warga, tim teknis juga memberikan pembekalan kepada sejumlah jurnalis tentang tata cara mencari dan menyambungkan jaringan siaran dari antena ke STB lalu disetel pada sistem televisi untuk mendapatkan siaran lebih jernih.    
 

Supervisor Corporate Communication ANTV Eka Sophiani (kiri) bersama tim teknisi ANTV Ashari (kanan) memberikan penjelasan penggunaan alat Set Top Box (STB) kepada wartawan saat sosialisasi peralihan siaran analog ke digital serta ASO di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/5/2023) ANTARA/Darwin Fatir.  

Untuk mengakses siaran digital ANTV khususnya di wilayah Makassar dan sekitarnya, langkah pertama menyiapkan STB dan menghubungkannya dengan antena UHF jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2.

Selanjutnya, siapkan STB dan antena pastikan TV dalam mode AV, pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB. Pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB. 

Lalu nyalakan STB, atur LCN dalam keadaan hidup agar langsung memperoleh channel digital, masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal, klik pencarian otomatis dan siaran TV digital siap ditonton. Pastikan antena UHF (outdoor) dalam kondisi baik serta di posisi yang benar. Untuk siaran digital ANTV di Sulsel berada di channel UHF 40.

Manager Corporate Communications ANTV Riyandri Tjahjadi pada kesempatan lain mengemukakan kedatangan tim ANTV ke rumah warga di Makassar sebagai bentuk terima kasih, karena tetap setia bersama program ANTV.  

Selain itu, dengan STB memudahkan warga menyaksikan siaran digital khususnya di wilayah setempat.

“Ini sejalan dengan keputusan Kemenkominfo mengenai peralihan sistem siaran digital dan penghentian sistem penyiaran televisi ASO. Bahkan masyarakat dapan menonton program siaran serial Legenda dan Cinta Pendekar Rajawali, serial India Anupamaa, Imlie maupun serial lainnya secara digital,” kata Riyandri.

Sebelumnya, Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia telah menjadwalkan siaran TV analog di Medan dan Makassar akan dimatikan. Khusus wilayah Kota Makassar dan sekitarnya akan dilakukan ASO pada 20 Mei 2023 pukul 24.00 Wita. Namun itu bisa terlaksana apabila distribusi STB bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) sudah mencapai 90 persen.  

Dikutip dari data realisasi distribusi Kementerian Kominfo pada wilayah Sulsel-1 per tanggal 10 Mei 2023, untuk capaian Kota Makassar  distribusi STB tertinggi berada di 82,5 persen disusul Kabupaten Maros 53,9 persen, Kabupaten Gowa 39,9 persen, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan 37,3 persen, dan Kabupaten Takalar 20 persen.Persentase realisasi distribusi STB pada wilayah Sulsel-1 masih berada di angka 54 persen dengan total 27.995 RTM.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer