Lantamal VI Makassar siapkan ruangan khusus sterilisasi COVID-19

admin

Makassar (ANTARA) – Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menerapkan aturan bagi setiap orang yang masuk ke Lantamal VI harus melewati ruangan khusus sterilisasi COVID-19.

“Setiap orang (personel atau tamu) harus mematuhi prosedur masuk kesatrian Lantamal VI dengan beberapa tahapan,” kata Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Penanggulangan Penyebaran COVID-19 Lantamal VI Makassar Letkol Laut (K) drg Heri Herliana Sp. BM, M.H.Kes, Mtr(Opsla) di Mako Lantamal VI, Jumat.

Dia mengatakan, prosedur awal adalah pengendara kendaraan sedianya berhenti di depan penjagaan pos pintu masuk Lantamal VI, kemudian petugas akan melaksanakan penyemprotan desinfektan ke kendaraan, kemudian petugas yang lain akan mengecek suhu badan pengendara dan penumpangnya.

Seusai pengecekan suhu tubuh, lanjut dia, disiapkan sarana mencuci tangan dengan memakai hand sanitezier. Prosedur
selanjutnya adalah si pengendara tersebut diharuskan masuk ruang khusus sterilisasi COVID-19 dan berputar 360 derajat di ruangan tersebut.

Apabila dirasa sudah cukup di dalam ruang sterilisasi , pengengdara bisa keluar dari ruang sterilisasi dan langsung cuci tangan ulang kembali, kemudian pengendara bisa mengambil kendaraannya kembali yang sudah steril dan menuju kantor atau satuan kerjanya.

Upaya pengetatan pemeriksanaan ini, lanjut dia, tidak lain untuk mencegah penyebaran COVID-19 di kalangan Lantamal VI dan masyarakat sekitarnya.

“Pencegahan dengan peningkatan kebersihan diri ini adalah salah satu upaya mencegehan penyebaran COVID-19, selain meningkatkan imunitas tubuh,” katanya.

Pemberlakuan pembatasan sosial (Social distancing) juag diberlakukan dalam suasana kerja di lingkup Lantamal VI Makassar. Sebagai gambaran, saat beraktivitas olahraga dilakukan dengan menjaga jarak antara personel dengan personel lainnya minimal 1,5 meter.

Suasana pemeriksaan dan sterilisasi kendaraan pengujung yang akan masuk ke Mako Lantamal VI, Makassar, Jumat (27/3/2020). ANTARA/ HO/Dispen Lantamal VI

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer