Kodim Teluk Wondama segera diresmikan

Wasior (ANTARA) – Perwira utusan Markas Besar TNI AD Kolonel Inf Totok Sulistyono menyebutkan bahwa Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman menerbitkan surat keputusan tentang pembentukan Komando Distrik Militer Teluk Wondama, Papua Barat.

“Surat keputusan (dalam) minggu ini sudah ada. Nanti untuk peresmian akan dilimpahkan kepada Kodam (Kodam XVIII/Kasuari),” kata Totok saat ditemui di sela-sela kunjungan ke Markas Kodim Persiapan Teluk Wondama di Isei, Jumat.

Totok menyebut peresmian Kodim definitif Teluk Wondama akan segera dilakukan secepatnya oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema mewakili Kasad.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Totok yang didampingi Mayor Kav Setia Hanggara, Kapten Cba Markus Bambang Suratno dan Serma Dodi Marta Digantara itu juga meninjau lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan Markas Kodim Teluk Wondama, termasuk fasilitas pendukung yang telah dihibahkan Pemkab setempat.

Sementara tim pendamping dari Kodam XVIII/Kasuari terdiri dari Kolonel Inf Stefanus Satrio Aribowo, Letkol Czi Tambohule Wulaa, Letkol Cba Tony Ebiyanto dan Kapten Czi Hara Sandi Yudha.

Menurut Kolonel Totok dengan telah keluarnya surat keputusan KSAD maka diharapkan Kodim Teluk Wondama segera beroperasi secara penuh sehingga bisa memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah dan juga masyarakat Teluk Wondama.

“Personel sudah lengkap juga. Kemudian markas juga pelan-pelan kita isi. Kemudian juga ada beberapa fasilitas yang mungkin perlu mendapat bantuan dari Bapak Bupati,” ujar perwira menengah yang pernah lama bertugas di Provinsi Maluku itu.

Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy yang ikut mendampingi tim dari Mabes TNI AD dalam kunjungan itu menyambut baik telah keluarnya Keputusan Kasad tentang pembentukan Kodim Teluk Wondama.

Andi, demikian sapaan akrab Wabup Wondama, menyatakan Pemkab Wondama mengharapkan peresmian Kodim Teluk Wondama bisa segera terwujud sehingga menjadi kado HUT ke-77 TNI bagi masyarakat Teluk Wondama.

Sebagai wujud dukungan, lanjut Andi, Pemkab Teluk Wondama telah menyiapkan lahan seluas 3 hektare di Distrik Rasiei untuk pembangunan markas Kodim dan juga perumahan bagi para prajurit.

Selain itu Pemkab juga telah menghibahkan bangunan kantor Distrik Rasiei dan beberapa bangunan lainnya yang kini telah difungsikan sebagai Markas Kodim Persiapan Teluk Wondama.

“Dengan demikian kami juga berharap peresmian Kodim ini jangan terlalu lama dan dalam waktu dekat juga bisa diresmikan oleh Pangdam XVIII/Kasuari,” ucap Andi.

Komandan Kodim (Dandim) Persiapan Letkol Inf Saheri mengatakan selama ini pihaknya terus membangun koordinasi dengan Pemkab Teluk Wondama maupun Kodam XVIII Kasuari dalam rangka percepatan peresmian Kodim Teluk Wondama.

“Kami sampaikan terima kasih kepada ketua tim (dari Mabes TNI AD) dan Bapak Bupati dan Wakil Bupati. (Pemda) Sangat mendukung dengan percepatan pembentukan Kodim Teluk Wondama. Semoga segera dilaksanakan peresmian,” kata Saheri.

Sebagai informasi, Kodim Persiapan Teluk Wondama telah terbentuk sejak 2019. Selanjutnya pada 2021 ditempatkan Dandim Persiapan yang dijabat Letkol Saheri hingga saat ini.

 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )