Kemkominfo siapkan infrastruktur telekomunikasi dukung F1 H20 Toba

Medan (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyiapkan dukungan infrastruktur telekomunikasi handal guna kesuksesan ajang balapan bergengsi F1 Powerboat World Championship atau F1 H20 Toba 2023.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong memastikan jika fasilitas komunikasi khususnya jaringan internet saat gelaran F1 H20 Toba 2023 setara dengan fasilitas yang disiapkan pada MotoGP Mandalika 2022 lalu.

“Kominfo sudah berkoordinasi dengan operator seluler misalnya Telkom dan Telkomsel serta yang lain-lain agar komunikasi dalam penyelenggaraan F1 Powerboat ini lancar, sebagaimana fasilitas komunikasi yang kita siapkan ketika MotoGP Mandalika pada 2022, ujar Usman saat media gathering melalui zoom meeting, Selasa.

Kementerian Kominfo, katanya, akan memiliki dua tugas utama, yakni memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan melaksanakan komunikasi publiknya.

Penyediaan infrastruktur komunikasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Sementara terkait komunikasi publik, akan dilakukan oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

“Kemarin Pak Menko Marves sudah berkoordinasi dengan Menkominfo untuk penyiapan fasilitas internet dan fasilitas telekomunikasi lainnya,” katanya.

Dengan penyiapan infrastruktur telekomunikasi ini, awak media baik lokal, nasional, dan luar negeri yang hadir meliput bisa nyaman dan lancar dalam bekerja, khususnya ketika mengirim video, gambar hingga berita ke kantor atau negara masing-masing.

“Kita mendapatkan pujian karena kapasitas internet ini 5G (pada MotoGP Mandalika 2022), sehingga mereka cepat sekali saat mengirimkan gambar-gambar ke negara masing-masing, “ujar Usman.

Sedangkan dalam komunikasi publik, lanjut Usman, Kementerian Kominfo bertugas mengomunikasikan kepada masyarakat secara luas tentang penyelenggaraan F1 H2O.

Untuk itu Kementerian Kominfo akan menyiapkan fasilitas peliputan awak media, mulai dari registrasi, Media Center dan sejumlah fasilitas lainnya.

” Kami juga mencoba berkontak atau berkoordinasi dengan sejumlah media asing karena ini adalah event internasional yang penggemarnya sangat banyak penontonnya bisa sampai sekitar 140 juta (orang) yang nonton lewat televisi dan juga yang datang langsung ke Danau Toba, tutur Dirjen IKP.

Penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023, selain menjadi agenda balap dunia lebih penting lagi adalah mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Baca juga: BUMN InJourney angkat Danau Toba lewat lomba internasional F1 H20
Baca juga: Menpora: Balapan F1 H20 Toba bisa dongkrak pariwisata dan UMKM

Pewarta: Juraidi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )