Ide-ide game tersebut harus yang dapat memberikan edukasi mengenai COVID-19 seperti jaga jarak, memakai masker, bangga buatan Indonesia, juga kenormalan baru
Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) menggelar program Game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) 2020 yang memberi kesempatan para pengembang (developer) gim lokal untuk berkarya menciptakan gim (permainan) edukatif.
Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Josua Simandjuntak dalam peluncuran Gelora 2020 di Jakarta, Rabu, mengajak para pengembang untuk berani mengajukan ide-ide mereka dalam membuat gim.
“Kami ingin memberikan sebuah tantangan sekaligus stimulus bagi para developer game lokal untuk merealisasikan ide-ide mereka dan menjadikan game tersebut menjadi sebuah karya untuk kita nikmati bersama,” kata Josua Simandjuntak.
Nantinya Kemenparekraf/Baparekraf akan sepenuhnya memberikan fasilitasi hingga gim tersebut dapat terealisasi dan dinikmati masyarakat luas.
Josua mengatakan gim merupakan salah satu media yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tapi juga sekaligus media informasi dan edukasi. Untuk itu dalam Gelora 2020 pihaknya mensyaratkan ide gim yang diajukan harus terkait dengan edukasi mengenai COVID-19 yang mengacu ke dokumen resmi dari Kementerian Kesehatan.
Harapannya agar masyarakat nantinya tidak hanya mendapatkan hiburan namun juga teredukasi dengan cara yang menyenangkan.
“Ide-ide game tersebut harus yang dapat memberikan edukasi mengenai COVID-19 seperti jaga jarak, memakai masker, bangga buatan Indonesia, juga kenormalan baru,” kata Josua.
Pengembang gim lokal yang tertarik dapat menyampaikan ide gim mereka dalam bentuk dokumen proposal, video pitch dan surat pernyataan yang harus dikirimkan hingga 4 Juni 2020.
Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah di kesempatan yang sama menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan semakin menggairahkan pengembang gim Indonesia untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya.
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat mendorong tidak hanya supply site tapi juga demand site yang mengutamakan gim buatan lokal.
” Size di industri game ini sangat besar, sehingga bisa menjadi peluang bagi pemerintah untuk juga memaksimalkan komoditas berbasis kreativitas,” kata Syaifullah.
Mereka yang tertarik dapat mencari lebih lanjut informasi terkait Gelora 2020 di laman agi.or.id/gelora-2020.
Baca juga: Pariwisata dan ekonomi kreatif berpeluang bangkit lebih cepat
Baca juga: Kemenparekraf perkirakan ekowisata akan sangat diminati pascapandemi
Baca juga: Kemenparekraf usulkan pekerja seni dan kreatif terima bantuan
Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020