Kemenkeu optimis potensi resesi global tidak pengaruhi lelang di 2023

penjualan lelang punya karakter khusus dan barang-barang yang dijual juga kadang punya spesifikasi khusus yang tidak bisa ditemui di pasaran

Jakarta (ANTARA) – Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Joko Prihanto optimis potensi resesi ekonomi global tidak akan memengaruhi kinerja lelang di 2023.

“Mungkin karena penjualan lelang punya karakter khusus dan barang-barang yang dijual juga kadang punya spesifikasi khusus yang tidak bisa ditemui di pasaran,” kata Joko dalam media briefing yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, produk yang dilelang memiliki peminat tersendiri, seperti mobil, besi tua, maupun properti berupa apartemen yang tidak terpengaruh oleh kondisi perekonomian global.

“Ini sudah ada pelanggannya dan semakin hari semakin bertambah. Jadi resesi ini, saya belum merasakan mempengaruhi pasar lelang,” tegas Joko.

Ia mengatakan pada 2022, terdapat dua produk lelang yang paling diminati masyarakat, yakni besi tua dan kebun kelapa sawit dengan hasil lelang yang cukup signifikan.

“Sekali lelang bisa dapat besar, misalnya kebun kelapa sawit yang pada awal tahun dilelang dengan nilai sampai Rp382 miliar. Kemudian besi tua juga jadi komoditas yang luar biasa dinikmati karena ada tipe besi tua yang cepat laku, seperti kapal dan bongkaran pabrik,” katanya.

Lebih lanjut, Joko menargetkan lelang di 2023 tembus di angka Rp33 triliun. Target tersebut, kata Joko adalah target tertinggi sepanjang sejarah Indonesia.

“Kita men-challenge target Rp33 triliun di 2023, ini juga target tertinggi sepanjang sejarah kita optimis. Sementara PNBP lelang juga ditarget naik Rp758 miliar,” pungkasnya.

Baca juga: Kemenkeu: Kontribusi lelang 2022 ke penerimaan negara Rp2,7 triliun
Baca juga: DJKN Jabar raup Rp1,6 triliun dari hasil lelang eksekusi selama 2022
Baca juga: Kementerian PUPR akan lelang paket IKN senilai Rp23 triliun

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )