Intisari berita ekonomi terpopuler sepekan terakhir

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, mengemukakan daerah setempat akan mendapat keuntungan sebanyak 5 persen dari pengembangan gas bumi Blok Masela

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah topik terpopuler sepekan terakhir, 19-26 Oktober 2019 yang disajikan Redaksi Ekonomi Antaranews antara lain pernyataan Grab Indonesia terkait pemutusan hubungan kemitraan bertahap, pembobolan dana nasabah Bank BNI Cabang Ambon.

Selanjutnya, Propinsi NTT mendapat hak partisipasi (participating interest/PI) 5 persen atas gas alam abadi di Blok Masela, berita target 100 hari pertama Mentan Syahrul Yasin Limpo hingga profil Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

1. Grab nyatakan pemutusan hubungan kemitraan secara bertahap

City Manager Grab Yogyakarta Hervy Deviyanto mengatakan langkah memutus hubungan kemitraan atau suspend dengan sejumlah pengemudi mitra Grab selama ini telah dilakukan dengan prosedur yang transparan dan bertahap.

Pemutusan kemitraan ditujukan bagi pengemudi yang dinyatakan melakukan pelanggaran. Saat ada pelanggaran, mitra pengemudi akan menerima notifikasi di aplikasinya.

Apabila notifikasi itu diabaikan dan mitra kembali melakukan pelanggaran, maka mitra akan kembali dinonaktifkan sampai datang ke Grab Driver Center untuk menandatangani surat pernyataan.

Berita selengkapnya klik di sini
 

2. BNI : Pembobolan dana di Ambon dilakukan sindikat kejahatan investasi

PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk menyatakan pembobolan dana nasabah di cabang Ambon, Maluku, yang diperkirakan mencapai Rp58,96 miliar dilakukan oleh oknum yang merupakan bagian dari sindikat kejahatan investasi.

Berdasarkan hasil investigasi perusahaan dan proses penyelidikan yang dilakukan kepolisian diduga dilakukan oknum karyawan berinisial F.

Namun Direktur Bisnis Korporasi BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, kasus ini tidak mempengaruhi kondisi BNI secara umum.

Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Polisi dalami kasus pencucian uang pembobol BNI

3. Gubernur Viktor: NTT dapat 5 persen dari Blok Masela pada 2025 Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, mengemukakan daerah setempat akan mendapat keuntungan sebanyak 5 persen dari pengembangan gas bumi Blok Masela   di Kepulauan Tanimbar, Maluku pada 2025.

Pembagian keuntungan tersebut sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo dan Menteri ESDM, dengan nilai keuntungan yang akan diterima Pemprov NTT dari pengembangan Blok Marsela diperkirakan mencapai lebih dari Rp30 tirliun.

Nilai yang sangat fantastis dan bisa diharapkan dapat digunakan untuk menuntaskan berbagai kebutuhan infrastruktur di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Target 100 hari pertama Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan

Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju, Syahrul Yasin Limpo menargetkan dalam 100 hari kerja akan memetakan data pertanian sehingga menjadi lebih jelas.

Selama 1-3 bulan ke depan atau sejak dilantik Rabu (23/10), Syahrul bertekad menyelesaikan menyelesaikan dahulu masalah data. Dengan data yang jelas, dapat diketahui gambaran pertanian setiap daerah sehingga menjadi milik Kementerian Pertanian yang harus disepakati oleh semua pihak.

Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Mentan baru diharapkan tidak impor beras

5. Profil Agus Suparmanto, dari ‘anggar’ hingga Menteri Perdagangan

Agus Suparmanto terpilih secara resmi sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia periode 2019-2024 yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (23/10).

Politisi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga pengusaha ini siap bergerak cepat, menyederhanakan berbagai peraturan di dalam negeri untuk memperbaiki atau meningkatkan ekspor.

Dalam mengatsi neraca perdagangan, ia mengatakan bahwa Indonesia harus meningkatkan produksi dalam negeri baik mengenai kualitas maupun produktivitas, terrmasuk peningkatan kualita SDM.

Selain politisi dan pengusaha, ternyata Agus Suparmanto juga menggeluti bidang olahraga dengan menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) sebanyak dua periode yakni 2014-2018 dan 2018-2022.
Berita selengkapnya klik di sini

Baca juga: Mendag Agus Suparmanto akan sederhanakan regulasi perbaiki ekspor
 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )