Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme didorong terbentuk di Papua Barat

admin

Manokwari (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendorong pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di Provinsi Papua Barat.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intang Dulung pada kunjungan ke Markas Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Senin, mengutarakan bahwa pembentukan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme sedang didorong di seluruh daerah.

“Dari 34 provinsi di Indonesia tersisa Papua dan Papua Barat yang belum. Untuk itu kami berkoordinasi untuk mendapat dukungan dari semua pihak termasuk dari Kodam XVIII/Kasuari,” kata Andi dalam pertemuan bersama Kasdam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Ferry Zein itu

Terkait rencana tersebut, kata Intang, pihaknya pun sudah melakukan koordinasi awal dengan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Koordinasi juga sudah dilakukan bersama Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing.

Dalam kunjungannya ke Papua Barat, Andi meminta dukungan pemerintah daerah serta TNI-Polri di wilayah setempat terkait pembentukan forum tersebut.

Dia mengutarakan Papua Barat masih cukup aman dari gangguan dan aksi terorisme. Kendati demikian upaya pencegahan harus dilakukan.

“Harapan kami ketika forum ini terbentuk, bisa mencegah persoalan terorisme di sini. Kalau misalnya belum tersebar atau belum ada bibit-bibit radikal, maka hal itu harus diwaspadai dan perlu upaya pencegahan,” kata dia.

Dalam kunjungan ini Andi Intang didampingi Kepala Seksi Partisipasi Masyarakat BNPT, Letkol Laut Setyo Pranowo serta beberapa staf BNPT lainya.

Sedangkan Kasdam XVIII/Kasuari didampingi Asisten Intel Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Kav Urip Prihatman. 

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer