DPPAD Papua harap pemda memberi jaminan keamanan bagi guru

Jayapura (ANTARA) – Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua mengharapkan pemerintah kabupaten dan kota di daerah itu memberikan jaminan keamanan bagi para guru yang bertugas di daerah masing-masing.

Pelaksana Tugas Kepala DPPAD Papua Protasius Lobya di Jayapura, Rabu, mengatakan para guru hanya bertugas mengajar untuk mencerdaskan anak bangsa sehingga jika tidak ada jaminan keamanan mereka juga tidak bersedia mengajar di daerah.

“Sehingga yang perlu kami imbau ialah jaminan keamanan dari pemerintah kota dan kabupaten dan semua komponen menjamin keselamatan bagi guru,” katanya.

Menurut Lobya, jika pada suatu daerah tidak ada tenaga pengajar maka sudah pasti akan kehilangan satu generasi penerus bangsa.

“Ini menjadi masalah yang serius sehingga peran dari pihak keamanan TNI-Polri sangat penting termasuk semua komponen masyarakat dalam menjaga situasi tetap aman,” ujarnya.

Dia menjelaskan yang menjadi hambatan pendidikan di Papua, khususnya wilayah pegunungan, hanya terkait dengan keamanan sehingga diharapkan persoalan ini bisa diatasi agar anak-anak bisa mendapatkan hak belajar dengan baik.

“Seperti di Kota Jayapura misalnya guru-guru bisa melaksanakan tugas dengan baik dan anak-anak juga belajar dengan tenang,” katanya.

Pihaknya juga berharap, pemerintah kabupaten dan kota bisa memberikan penghargaan kesejahteraan seperti rumah.

“Karena guru adalah ujung tombak dan pahlawan mencerdaskan generasi bangsa sehingga perlu diperhatikan lagi,” ujarnya.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )