Dishub Kota Ternate belum fungsikan portal elektronik

Ternate (ANTARA) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) belum memfungsikan penggunaan portal elektronik guna menimalisir angka kebocoran dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor jasa.

Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher di Ternate, Kamis, menyayangkan lambannya penggunaan portal elektronik yang telah dibangun di berbagai areal parkir, karena saat ini belum difungsikan. 

Padahal, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Faruk Albar telah berjanji bahwa portal elektronik akan diresmikan bersamaan dengan Hari Jadi Ternate pada 29 Desember 2019.

“Sudah lama, dipasang tapi tidak difungsikan, sehingga saya akan memanggil Kadishub, pertanyakan hal ini, kenapa belum difungsikan,” kata Wawali.

Wawali mengaku, portal elektronik dipasang untuk mencegah kebocoran kepada petugas Dishub terutama untuk retribusi parkir bagi kendaraan roda dua maupun empat..

Dia mengatakan, portal elektronik sudah dianggarkan, dan sudah terpasang di beberapa titik, terutama Pelabuhan Semut dan depan Jatiland Mall. 

“Kalau portal sudah di pasang, tapi tidak difungsikan, berarti buang-buang anggaran saja,” tandasnya.

Sebelumnya, Dishub Kota Ternate intensif meningkatkan PAD dengan menyediakan portal elektronik di areal parkir kawasan Jatiland Mall.

Kepala Dishub Kota Ternate, Faruk Albaar dihubungi sebelumnya menyatakan, penggunaan portal elektronik di depan Jatiland Maal Kota Ternate bertepatan Hari Ulang Tahun Kota Ternate pada 29 Desember 2019, tetapi ada kendala teknis.

Dia mengatakan, portal yang berada di beberapa titik di Kota Ternate yakni Pelabuhan Semut, Depan Jatiland Maal, dan Pasar Heigenis, semunya sudah bisa diaktifkan, tetapi menunggu instruksi Wali Kota dan Kartu elektrik dari BNI, karena Portal yang dipasang harus menggunakan kartu, dan ini sudah dilakukan kordinasi langsung oleh Wali Kota dengan BNI terkait dengan kartu tersebut.

“Sedangkan, di kawasan BNI sudah mencetak kartu elektronik, tinggal menunggu peluncuran portal, langsung beroperasi, karena portal ini bisa menambah PAD Kota Ternate,” katanya.

Dia mengakui, pemasangan portal ini dengan tujuan untuk mencegah kebocoran, karena ada oknum petugas melakukan pungutan liar, begitu juga dengan penjaga parkir yang bukan petugas dari Dishub. Maka dari itu, dan di tahun depan harus dipertegas lagi agar tingkat kebocoran pada 2020 tidak terjadi lagi.
 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )