Dinkes Sulbar sosialisasikan program Germas di Mamuju

Mamuju (ANTARA) – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sosialisasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Marasa Corner, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar di Kelurahan Rangkas, Kota Mamuju.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar dr Asran Masdi di Mamuju, Selasa, mengatakan sosialisasi bertujuan meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam mendorong Germas sesuai Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Ia mengatakan Germas suatu gerakan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Menurut dia, mengatasi masalah kesehatan masih menjadi tantangan serius di Indonesia sehingga peningkatan pelayanan pemerintah terus dioptimalkan.

“Masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi,” katanya.

Oleh karena itu, dicanangkan program Germas untuk perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular, seperti diabetes, kanker, dan jantung koroner,” katanya.

Ia menyampaikan terdapat sejumlah langkah yang terus disosialisasikan kepada masyarakat dalam mendukung program hidup sehat melalui Germas, di antaranya membiasakan masyarakat melakukan aktivitas fisik dengan berolah raga selain itu makan buah dan sayur, tidak merokok, menjaga kebersihan lingkungan, serta menggunakan jamban

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )