Dinkes Papua ajak warga berpartisipasi cegah penyebaran pan COVID-19

admin

Jayapura (ANTARA) – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengajak seluruh warga di provinsi setempat memanfaatkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) untuk berpartisipasi dalam mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

Warga juga diharapkan menerapkan gaya hidup sehat dan menaati protokol kesehatan.

Sekretaris Dinkes Papua, Ary Pongtiku di Jayapura, Rabu, menyeutkan tema yang diusung dalam HKN tahun ini yakni mewujudkan tekad Indonesia Sehat.

“Jadi dari Dinas Kesehatan sendiri melakukan kampanye, menyampaikan pesan tentang gaya hidup sehat dan juga tentang protokol kesehatan. Kami harap masyarakat berpartisipasi dalam mencegah COVID-19,” kata Ary Pongtiku.

Dalam rangka pencegaahan COVID-19, menurut dia, Kepala Dinas Kesehatan Papua, Roby Kayame menganjurkan enam syarat menghadapi virus corona yakni pertama wajib berdoa, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, wajib tidak berkumpul dan wajib memeriksakan diri.

“Dengan begitu, kita bisa berpartisipasi dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di Papua,” ujarnya.

Menurut dia, meski banyak kasus corona di Jayapura, namun banyak juga yang sembuh dari virus corona setelah menjalani perawatan disejumlah rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Lanjut dia, ada juga kabupaten yang masih masuk zona hijau atau masih bebas dari COVID-19 seperti Kabupaten Waropen, Puncak Jaya, Mamberamo Tengah, Pegunungan Bintang, Mappi, Yalimo, Lanny Jaya dan Tolikara.

Ia menambahkan, kasus COVID-19 terbanyak di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Biak Numfor, Nabire dan Kabupaten Jayapura.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer