Dinas Perikanan: Ikan tangkapan nelayan Biak Numfor bebas mercuri

Biak (ANTARA) – Tim gabungan Dinas Perikanan  Kabupaten Bak Numfor,Papua memastikan ikan hasil tangkapan nelayan yang dijual di pasar sangat aman dikonsumsi karena bebas dari bahaya kandungan mercuri.

“Hasil pemeriksaan 11 sampel uji dengan metode Rapid Test bersama Dinas Perikanan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Balai Karantina Ikan Jayapura wilayah kerja karantina ikan Biak dan UPTD PPMHP Kantor Kesehatan Pelabuhan disimpulkan ikan tangkapan nelayan negatif mercuri,” ujar Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa di Biak, Jumat.

Ia mengatakan pemeriksaan laboratorium itu dilakukan terhadap sampel ikan dijual pasar ikan Bosnik dan pasar Biak Kota hasil perairan Biak Timur, tuna dari Biak Utara dan Biak Barat, serta ikan jenis kakap dari perairan Yapen.

Menurut Kadis Perikanan Effendi, tidak ditemukan kandungan Mercuri(0,0 mg/Neg dan formalin (0/Neg) pada daging dan perut ikan itu menunjukkan ikan itu aman dimakan.

“Kami mengimbau warga Biak tidak takut untuk mengkonsumsi ikan yang dijual di pasar Bosnik dan pasar ikan Fandoi karena bahan makanan ikan tidak tercemar mercuri,”ujarnya.

Pantauan ANTARA di lokasi pasar ikan Fandoi penjualan ikan masih berjalan normal seperti hari biasanya.

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )