BPBD Kota Tikep bentuk posko siaga bencana

Ternate (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membentuk posko kesiapsiagaan bencana guna mengantisipasi dan menghadapi bencana yang

admin

Ternate (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) membentuk posko kesiapsiagaan bencana guna mengantisipasi dan menghadapi bencana yang sewaktu-waktu melanda daerah ini.

Sekretaris Daerah Kota Tikep, Asrul Sani Soleiman di Ternate, Rabu, mengatakan, untuk menindaklanjuti surat dari Mendagri perlu dibentuk posko siap siaga bencana untuk memantau cermat informasi cuaca terkini atau peringatan dini dari BMKG maupun pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi serta menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan pada saat siaga bencana.

“Tentunya, paling utama adalah informasi BMKG yang diberikan harus diinformasikan kepada seluruh masyarakat dan untuk seluruh aparatur Pemerintah Daerah, TNI/Polri, onstansi vertikal di daerah serta para relawan siaga bencana agar selalu waspada terhadap bencana yang akan terjadi,” kata Asrul Sani.

Sebelumnya, Pemkot Tikep menggelar rapat membahas tentang sering terjadinya perubahan cuaca dari BMKG, pemantapan waktu tanda darurat, kesepakatan terkait keberadaan posko, penentuan selaku komando posko kesiagaan serta rencana pembentukan struktur posko.

Sementara itu, Kepala Basarnas Propinsi Maluku Utara, M Arafah mengatakan, pada awal tahun 2020 ini diketahui di Ibukota Jakarta terkena bencana sehingga memakan banyak korban serta kerusakan yang merugikan masyarakat.

Untuk itu, pihaknya berharap agar di setiap daerah agar selalu waspada dan terus kesiapsiagaan baik dari personil maupun peralatan untuk menghadapi bencana.

Muhammad Arafah berharap, Pemerintah Daerah menginstruksikan kepada masyarakat untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan terus mengikuti informasi yang selalu diberikan oleh BMKG maupun pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.
 

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer