BCA kawasan Indonesia Timur salurkan kredit UKM Rp6,3 triliun pada 2019

Makassar (ANTARA) – PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Kanwil IV yang membawahi 13 kantor cabang utama di Kawasan Timur Indonesia (KTI), fokus pada pemberdayaan ekonomi lokal, khususnya sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menyalurkan Rp6,3 triliun kredit UKM pada tahun 2019.

“Di tengah gonjang-ganjing ekonomi dunia, ekonomi lokal harus tetap dijaga,” kata Kepala BCA Kanwil IV Hendrik Sia saat temu media di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya lebih senang mendorong pelaku ekonomi menengah kecil yang jumlah banyak tetapi usahanya relatif stabil.

Hal itu terbukti dari realisasi penyaluran kredit UKM (SMI) di KTI pada 2019 mencapai Rp6,3 triliun dengan target pertumbuhan 10 persen.

Kondisi tersebut menjadi bagian yang mendukung kinerja keuangan BCA Kanwil IV Makassar per 31 Desember 2019 secara year on Year (yoy) menunjukkan pertumbuhan positif.

Sementara Dana Pihak Ketiga (DPK) pada 2019 tumbuh Rp3,4 triliun atau naik 12 persen dibanding tahun sebelumnya. Sebagai gambaran DPK tahun sebelumnya Rp27 triliun menjadi Rp30 triliun pada 2019.

Sedang penyaluran pinjaman dari Rp13,9 triliun pada 2018 menjadi Rp19,3 triliun atau naik naik 7,25 persen dengan pinjaman produktif lebih dominan, khususnya di sektor perdagangan.

Hendrik mengatakan, dari pinjaman tersebut terjadi peningkatan yang positif yang tampak dari seluruh sektor pembiayaan, baik produktif maupun konsumtif. Penyaluran kredit produktif naik sebesar 9,29 persen dan kredit konsumtif naik sebesar Rp4,04 persen.
 

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )