Baznas Kabupaten Barru daftarkan 1.000 pekerja rentan ke BPJamsostek

Makassar (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional  Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mendaftarkan 1.000 pekerja rentan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) untuk

admin

Makassar (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional  Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan mendaftarkan 1.000 pekerja rentan sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) untuk mendapat perlindungan sosial.

Para pekerja tersebut resmi terdaftar pada Program BPJamsostek melalui penandatanganan nota kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan wilayah Pangkajene dan Kepulauan dengan Baznas Kabupaten Barru di Barru, Kamis.

Pekerja rentan itu terdiri dari pedagang sayur, pekerja serabutan, supir angkutan, guru bantu kemenag, pekerja di pasar dan pekerja bantu pada Program BP Jamsostek. Mereka akan dilindungi dua program yaitu Jaminan Kecelakkan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Barru, Minu Kalibu berharap dengan keikutsertaan 1.000 pekerja rentan untuk perlindungan BP Jamsostek maka pekerja-pekerja rentan yang ada di kabupaten Barru dapat bekerja dengan aman dan tenang.

“Kami berharap para pekerja rentan ini dapat merasa tenang dalam bekerja, karena apabila mengalami resiko ada Bpjamsostek sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada pekerja yang kurang mampu,”ungkap Minu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor BP Jamsostek Pangkajene dan Kepulauan, Aminah Arsyad mengatakan kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian kepada pekerja rentan yang tidak mampu membayar iuran.

Aminah menjelaskan bagi pekerja rentan, program yang diberlakukan ialah Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan atau GN LINGKARAN yang menawarkan iuran tidak terlalu tinggi, senilai Rp18.000.

“Ke-1.000 pekerja rentan tersebut terdaftar untuk dua program yaitu JKK dan JKM dan iurannya telah dibayarkan oleh Baznas Kabupaten Barru untuk masa kepesertaan dua tahun,” jelasnya.

Pada kegiatan ini turut hadir Assisten 2 dari Pemerintah Kabupaten Barru, Kepala Bagian Hukum Kabupaten Barru, Assistan Managaer Operasional BRI Cabang Barru, Kepala Kemenag Kabupaten Barru, Kepala Bidang Ketenagakerjaan serta perwakilan dari PTSP Kabupaten Barru.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer