Balai Arkeologi Papua gencar publikasikan hasil penelitian

admin

Jayapura (ANTARA) – Balai Arkeologi Papua gencar mempublikasikan hasil penelitian melalui video guna memperkenalkan apa yang dikerjakan oleh arkeologi kepada masyarakat umum

“Kini terus berupaya mempublikasikan pekerjaan arkeologi ke publik/masyarakat umum,” kata Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Srici Yulan Sukandar di Jayapura, Minggu.

Untuk itu, kata dia, Kementerian Pendidikan melalui pusat penelitian arkeologi nasional juga digenjot untuk publikasinya.

“Jadi, tahun ini kita dituntut untuk membuat sebuah video mengenai proses penelitian dari awal sampai akhir, sebab penelitian arkeologi itu bisa dikatakan cukup menarik karena melakukan penelitian di tempat-tempat yang aksesnya susah dan belum diketahui oleh kebanyakan manusia.

“Kita juga menempuh lokasi penelitian itu cukup sulit, kalau boleh dibilang ekstremnya itu bertaruh nyawa,” ujarnya.

Selain publikasi melalui video penelitian, kata dia, pihaknya juga berupaya mempublikasikan apa itu Arkeologi melalui jurnal Arkeologi.

“Kalau jurnal Arkeologi itu kayaknya agak berat dibaca oleh masyarakat umum, jadi kita juga akan membuat buku-buku yang disesuaikan dengan kalangan pendidikan,” kata dia.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer